Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu semester genap tahun ajaran 2008/2009 / Teguh Dwi Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu semester genap tahun ajaran 2008/2009 / Teguh Dwi Setyawan

Setyawan, Teguh Dwi (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu semester genap tahun ajaran 2008/2009 / Teguh Dwi Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMA Negeri 1 Batu dipilih sebagai sasaran lokasi penelitian karena beberapa alasan. Pada saat wawancara informal dan pengamatan diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang terjadi di SMA Negeri 1 Batu masih banyak menggunakan metode konvensional seperti ceramah walaupun sudah diterapkan juga metode pembelajaran lain seperti belajar kelompok khususnya pada mata pelajaran sejarah. Pada saat peneliti mengadakan pengamatan lebih lanjut diketahui bahwa suasana pembelajaran di kelas kurang aktif karena kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa yang lainnya. Alasan lain yang diperoleh dari pada saat wawancara dengan guru sejarah adalah karena sekolah ini mempunyai siswa yang beragam baik keragaman jenis kelamin latar belakang sosial dan kemampuan akademik prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 yang dibawah SKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70 00. Kelas XI-IPS 1 nilai rata-ratanya yaitu73 90. Kelas XI-IPS 3 nilai rata-ratanya yaitu 74 83. Kelas XI-IPS 4 nilai rata-ratanya yaitu 75 50. Sedangkan XI-IPS 2 yaitu 67 38. Nilai tersebut diperoleh pada ulangan harian pada materi sebelumnya. Hal ini sesuai dengan ciri utama pembelajaran kooperatif model TGT yaitu adanya siswa yang heterogen. Hal tersebut menjadi dasar peneliti memilih TGT yaitu keadaan siswa yang cenderung individualistis siswanya mempunyai kemampuan heterogen. Pembelajaran kooperatif model TGT adalah pembelajaran berpusatkan pada siswa dan mempunyai beberapa tahap yaitu (a) guru menerangkan topik tertentu sebagai informasi awal (b) siswa dibagi dalam kelompok (c) siswa belajar dalam kelompok (d) turnamen dan (e) penghargaan kelompok. Berdasarkan permasalahan di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran kooperatif model TGT pada pelajaran sejarah kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Batu semester genap tahun Ajaran 2008/2009 (2) bagaimanakah prestasi belajar sejarah siswa kelas XI-IPS setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model TGT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran kooperatif model TGT pada pelajaran sejarah kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Batu (2) bagaimanakah prestasi belajar sejarah siswa kelas XI-IPS setelah diterapkaannya pembelajaran kooperatif model TGT. Untuk mengkaji permasalahan di atas digunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Batu yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournement yang dilakukan dalam mata pelajaran sejarah siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 1 Batu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dibuktikan dengan peningkatan prestasi belajar sebelum dilakukan tindakan yaitu 66 75 %. Kemudian pada siklus 1 menjadi 70 12 %. Sedangkan pada siklus 2 menjadi 74 25 %. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan prestasi belajar kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Batu tahun ajaran semester genap 2008/2009. Penelitian yang dilakukan diatas mempunyai kekurangan sehingga ada beberapa saran yaitu 1) Pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu model pembelajaran Teams Games Tournament ini perlu diterapkan dalam pembelajaran dikelas suntuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Batu. 2) Ada baiknya jika penelitian lebih lanjut tentang pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament agar dapat menyempurnakan penelitian yang sebelumnya. 3) Model pembelajaran kooperatif akan lebih baik digunakan untuk menvariasikan kegiatan pembalajaran dan untuk meningkatakan kegembiraan siswa dalam proses belajar mengajar sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55036

Actions (login required)

View Item View Item