Profil buku teks pelajaran sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira / Jayanti Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil buku teks pelajaran sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira / Jayanti Herawati

Herawati, Jayanti (2010) Profil buku teks pelajaran sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira / Jayanti Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akhir tahun 2007 Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah selesai menilai dan menentukan buku teks sejarah untuk SMA/MA yang telah memenuhi kelayakan materi penyajian kebahasaan dan kegrafikan untuk selanjutnya ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 48 Tahun 2007 sedangkan berdasarkan aturan tentang buku teks yaitu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 11 Tahun 2005 guru diwajibkan menggunakan buku teks yang telah ditetapkan oleh BSNP. Padahal untuk menentukan dan memilih buku teks sejarah yang akan digunakan tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada beberapa persyaratan maupun pertimbangan. Terlebih jika masa pakai minimal buku teks adalah lima tahun. Demikianlah diperlukan kajian analisis isi tentang perbandingan buku teks sejarah dalam hal ini buku teks sejarah SMA kelas X. Pemilihan buku teks pada jenjang SMA karena pada jenjang ini kurikulum sejarah sudah berdiri sendiri bukan bagian terintegral dengan bidang studi IPS adapun pemilihan kelas X karena hanya pada kelas inilah belum terjadi penjurusan siswa ke dalam jurusan IPA IPS atau Bahasa. Pemilihan buku teks yang akan dikaji adalah buku teks sejarah terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira. Alasan pemilihan terhadap kedua buku tersebut karena kedua buku tersebut sama-sama dilarang beredar pada Maret 2007 dan sama-sama telah dinyatakan lolos kelayakan oleh BSNP pada Desember 2007. Kedua buku ini juga banyak digunakan di sekolah-sekolah mengingat keduanya merupakan buku terbitan dari penerbit yang notabenenya memiliki pasaran yang luas dan distribusi yang baik. Terdapat empat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana profil buku teks pelajaran sejarah SMA Kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira dari segi komponen materi 2) Bagaimana profil buku teks pelajaran sejarah SMA Kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira dari segi komponen penyajian 3) Bagaimana profil buku teks pelajaran sejarah SMA Kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira dari segi komponen kebahasaan dan 4) Bagaimana profil buku teks pelajaran sejarah SMA Kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira dari segi komponen kegrafikan Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui profil buku teks pelajaran sejarah SMA Kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira dari segi komponen materi 2) Mengetahui profil buku teks pelajaran sejarah SMA Kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira dari segi komponen penyajian 3) Mengetahui profil buku teks pelajaran sejarah SMA Kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira dari segi komponen kebahasaan dan 4) Mengetahui profil buku teks pelajaran sejarah SMA Kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Yudhistira dari segi komponen kegrafikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis isi. Peneliti merupakan instrumen dalam penelitian yaitu sebagai pengamat penuh. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode dokumentasi dilaksanakan dengan dengan membuat pedoman penilaian dan chek list yang dibuat sesuai dengan standar BSNP tahun 2006. Sumber data penelitian ini adalah sumber data tertulis berupa kedua buku teks pelajaran sejarah yang dikaji. Pengolahan datanya menggunakan analisis persentase dengan menggunakan prosedur statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks pelajaran sejarah terbitan Erlangga telah memenuhi kriteria baik untuk digunakan sedangkan buku teks pelajaran sejarah terbitan Yudhistira telah memenuhi kriteria cukup baik untuk digunakan. Secara umum buku teks sejarah terbitan Erlangga lebih baik daripada terbitan Yudhistira dengan rincian 1) Persentase komponen materi buku teks pelajaran sejarah terbitan Erlangga sebesar 87 50%% dengan kategori baik sedangkan persentase komponen materi buku teks pelajaran sejarah terbitan Yudhistira sebesar 88 88% juga dengan kategori baik. Jadi kedua buku termasuk dalam kategori baik terkait komponen materi namun buku teks pelajaran sejarah terbitan Yudhistira lebih baik daripada terbitan Erlangga. 2) Persentase komponen penyajian buku teks pelajaran sejarah terbitan Erlangga sebesar 77 38% dengan kategori cukup sedangkan persentase komponen penyajian buku teks pelajaran sejarah terbitan Yudhistira sebesar 73 80% juga dengan kategori cukup. Jadi kedua buku termasuk dalam kategori cukup dalam hal penyajian namun buku teks pelajaran sejarah terbitan Erlangga lebih baik daripada terbitan Yudhistira. 3) Persentase komponen kebahasaan buku teks pelajaran sejarah terbitan Erlangga sebesar 88 33% dengan kategori baik sedangkan persentase komponen kebahasaan buku teks pelajaran sejarah terbitan Yudhistira sebesar 81 66% dengan kategori cukup. Jadi dalam hal kebahasaan buku teks pelajaran sejarah terbitan Erlangga lebih baik daripada terbitan Yudhistira. 4) Persentase komponen kegrafikan buku teks pelajaran sejarah terbitan Erlangga sebesar 87 87% dengan kategori baik sedangkan persentase komponen kegrafikan buku teks pelajaran sejarah terbitan Yudhistira sebesar 80% dengan kategori cukup. Jadi dalam hal komponen kegrafikan buku teks pelajaran sejarah terbitan Erlangga lebih baik daripada terbitan Yudhistira. Akan lebih baik jika siswa terlebih guru menggunakan buku teks sejarah lebih dari satu penerbit. Variasi penggunaan buku teks sejarah tentu akan saling melengkapi satu sama lain namun bila kondisi tidak memungkinkan untuk itu maka disarankan untuk menggunakan buku teks sejarah yang telah mencapai nilai persentase lebih unggul berdasarkan temuan hasil penelitian yang telah diperoleh. Penelitian lain yang masih terbuka untuk diteliti adalah penelitian tentang buku teks sejarah pada jenjang pendidikan lainnya atau pada jenjang pendidikan yang sama namun mengkaji lebih luas lagi yaitu mengkaji hingga aspek ekstrinsik buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55032

Actions (login required)

View Item View Item