Pengembangan bahan ajar buku suplemen elektronik peranan pers Tionghoa di Indonesia pada tahun 1920-1940 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Malang / Annisaa Khansa Labibah

Labibah, Annisaa Khansa (2019) Pengembangan bahan ajar buku suplemen elektronik peranan pers Tionghoa di Indonesia pada tahun 1920-1940 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Malang / Annisaa Khansa Labibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Labibah, Annisaa Khansa. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Buku Suplemen Elektronik Peranan Pers Tionghoa Di Indonesia Pada Tahun 1920-1940 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA Di SMA Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R. Reza Hudiyanto, M.Hum, (II) Drs. Kasimanudin Ismain, M. Pd. Kata Kunci: bahan ajar, buku suplemen elektronik, peranan pers Tionghoa Buku suplemen merupakan buku yang materinya tidak terpaku pada kurikulum dan berisi informasi substansi keilmuan tertentu yang dapat digunakan dalam proses pendidikan maupun non-pendidikan. Buku suplemen dapat dikategorikan kedalam bahan ajar. Pengembangan bahan ajar itu sendiri berarti suatu pendekatan sistematik dalam desain, produksi, evaluasi, dan pemanfaatan dari bahan ajar dengan pola pengelolaan khusus yang telah tersusun agar berlangsung belajar yang terkendali dan memiliki tujuan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan e-book suplemen dengan materi peranan Pers Tionghoa di Indonesia pada tahun 1920-1940. Materi pengembangan ini berkaitan dengan K.D 3.4. Menghargai nilai-nilai Sumpah Pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini. Tujuan pengembangan sebagai pemecahan potensi dan masalah yang ditemukan peneliti saat melakukan observasi di SMA Negeri 4 Malang, sehingga dapat dikembangkan produk bahan ajar yang layak untuk menunjang proses pembelajaran Sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah penelitian dan pengembangan Sugiono (2015), yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Prosedur penelitian pengembangan e-book suplemen ini: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi Akhir. Pada tahap validasi materi didapat hasil 93%, sehingga materi bahan ajar dinyatakan layak tanpa revisi hanya ada beberapa masukan dari validator untuk menambahkan peta sebagai keterangan. Pada tahap validasi bahan ajar disapat hasil 94%, sehinga bahan ajar dinyatakan layak dan ada beberapa revisi untuk ditambahkan sebagai saran dari validator. Tahap selanjutnya uji coba produk dilakukan di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Malang pada pre tes dan pos tes didapat peningkatan nilai sebesar 63%, dan pada uji kelayakan mendapat persentase sebesar 90%. Setelah dilakukan revisi dari saran uji coba sebelumnya, tahap selanjutnya uji coba pemakaian dengan vi responden pesertadidik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Malang. Hasil uji coba pemakaian pre tes dan pos tes mengalami peningkatan 51%, dan pada uji kelayakan mendapat persentase sebesar 91%, sehingga dikatakan bahwa bahan ajar e-book suplemen ini layak dijadikan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55027

Actions (login required)

View Item View Item