Pengembangan bahan ajar buku teks tentang perlawanan rakyat Bima terhadap kolonialisme Belanda (1908-1910) sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran sejarah untuk kelas XI IPA I di SMAN 1 Woha / Muhammad Furqan

Furqan, Muhammad (2019) Pengembangan bahan ajar buku teks tentang perlawanan rakyat Bima terhadap kolonialisme Belanda (1908-1910) sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran sejarah untuk kelas XI IPA I di SMAN 1 Woha / Muhammad Furqan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Furqan, M. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks Tentang Perlawanan Rakyat Bima Terhadap Kolonialisme Belanda Sebagai Bahan Ajar Penunjang Pembelajaran Sejarah Untuk Kelas XI IPA1 di SMAN 1 Woha.Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. (2) Dra.Yuliati, M.Hum Kata Kunci: buku teks, sejarah lokal, dan Bima Bahan ajar merupakan sumber belajar yang selalu digunakan oleh peserta didik dan guru dalam setiap kegiatan belajar dan mengajar. Salah satu bentuk dari bahan ajar adalah buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku teks yang berisi materi sejarah lokal Bima sebagai bahan ajar pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Woha Kabupaten Bima. Fokus dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan peserta didik SMAN 1 Woha kelas XI IPA1 tentang sejarah lokal Bima. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mengembangkan sebuah bahan ajar berupa buku teks dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang terjadi di kelas XI IPA1 SMAN 1 Woha. Materi yang diambil adalah materi tentang sejarah lokal Bima lebih khususnya pada masa penjajahan Belanda. Penelitian ini menggunakan dua metode, pertama metode kajian pustaka metode ini digunakan mengembangkan materi-materi sejarah lokal Bima menjadi satu bahan ajar buku teks. Proses ini juga melibatkan dua orang validator yaitu validator ahli materi dan validator ahli media penilai valid atau tidaknya buku teks. Kedua, penggunaan metode pengembangan dari Borg and Gall melalui sembilan langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data(3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk. Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti, produk yang dihasilkan adalah buku teks Perlawanan Rakyat Bima Terhadap Kolonialisme. Setelah melalui proses validasi produk dinyatakan layak dijadikan sebagai bahan ajar buku teks. Hasil yang diperoleh dari validator ahli materi memiliki presentase 76,92% dan validator ahli media memiliki presentase 83,92% dengan batas minimum untuk dinilai valid adalah 75%. Berdasarkan hasil ini produk dinyatakan valid. Kegiatan penelitian di SMAN 1 Woha dilaksanakan dengan cara uji coba produk terhadap kelompok besar dan kecil. Hasil dari kelompok kecil memiliki presentase 91,25% dan kelompok besar memiliki presentase 82,92%. Berdasarkan hasil-hasil tersebut buku teks ini dinyatakan layak digunakan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55026

Actions (login required)

View Item View Item