Pengaruh media pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019 / Mutimmatus Sa'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019 / Mutimmatus Sa'adah

Sa'adah, Mutimmatus (2019) Pengaruh media pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019 / Mutimmatus Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sa adah Mutimmatus. 2019. Pengaruh Media Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. (2) Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum. Kata Kunci media pembelajaran Pictorial Riddle hasil belajar pembelajaran sejarah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang berada dibawah rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 dan siswa kurang aktif dalam pelajaran sejarah. Siswa cenderung lebih cepat bosan dan kurang aktif disebabkan karena kurangnya media sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar kriteria minimal nilai. Maka peneliti bermaksud menggunakan media Pictorial Riddle sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat satu rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang yang sebelum dan sesudah diajar menggunakan media Pictorial Riddle . Model penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian one-group experiment dengan rancangan model one-group pre-test and post-test design model ini hanya menggunakan satu kelompok kelas saja tanpa adanya kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMAN 10 Malang untuk sampel yaitu kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang. Pemilihan sampel berdasarkan dengan teknik pursposive sampling yaitu dengan pertimbangan yang ahli dibidangnya dimana adalah guru sejarah SMAN 10 Malang. Data dari penelitian ini yaitu hasil belajar yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. teknik analisis menggunakan uji t (paired sample t-test) dengan bantuan software SPSS for Windows 16.0. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Pictorial Riddle berpengaruh positif yaitu karena media ini dapat memvisualisasi pembelajaran sejarah dengan menghadirkan fakta konsep dan narasi sejarah sehingga siswa lebih memahami pembelajaran sejarah yang berdampak juga dengan meningkatnya hasil belajar siswa . Rata-rata pre-test 59 11 meningkat 27 89 pada nilai post-test yaitu menjadi 89 00. This is proven by hypothesis testing value tcount is 21 750 while ttable 1 690 with te result that 21 750(thitung) 8805 1 690(ttabel) dengan niali signifikasi 0 005. Oleh karena itu maka H1 diterima dan H0 ditolak. Saran untuk penelitian ini adalah (1) Media Pictorial Riddle dapat digunakan pada materi sejarah lainnya. Selain itu guru juga dapat menggunakan media tersebut sebagai inovasi untuk mengajarkan materi sejarah yang lainnya agar vii siswa lebih aktif dan mengembangkan pengetahuan barunya sehingga siswa menjadi lebih banyak menggali materi yang dipelajarinya (2) Media Pictorial Riddle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang. Oleh sebab itu media pembelajaran ini baik dan layak untuk diterapkan pada pembelajaran sejarah di SMA/SMK/MA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55025

Actions (login required)

View Item View Item