Pengembangan buku kumpulan cerita pendek sejarah sebagai sumber belajar kelas XI pokok bahasan respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme di SMAN 1 Lawang / Yunita Nana Afika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku kumpulan cerita pendek sejarah sebagai sumber belajar kelas XI pokok bahasan respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme di SMAN 1 Lawang / Yunita Nana Afika

Afika, Yunita Nana (2018) Pengembangan buku kumpulan cerita pendek sejarah sebagai sumber belajar kelas XI pokok bahasan respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme di SMAN 1 Lawang / Yunita Nana Afika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi Ringkasan Afika Yunita Nana. 2018. Pengembangan Buku Kumpulan Cerita Pendek Sejarah sebagai Sumber Belajar Kelas XI Pokok Bahasan Respon Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme di SMAN 1 Lawang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Najib Jauhari S. Pd. M. Hum. (II) Indah Wahyu Puji Utami S. Pd. S. Hum. M. Pd. Kata Kunci Cerita pendek kelas XI respon bangsa Indonesia kolonialisme sumber belajar. Sumber belajar tidak terbatas hanya pada buku teks resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah melainkan bisa juga berupa buku bacaan seperti novel cerita komik dan sebagainya. Pada sumber belajar seperti ini suatu kisah sejarah yang dikemas dalam bentuk cerita narasi dengan tokoh setting alur cerita dan pesan moral bisa menjadikan sejarah menjadi lebih menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan inilah peneliti menyusun sumber belajar sejarah yang berbeda dan menarik namun tetap bisa bisa menyampaikan maksud dan tujuan pembelajaran dengan baik yaitu dalam bentuk buku kumpulan cerita pendek yang berjudul Djoeang . Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan maka tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar sejarah berupa buku kumpulan cerpen dengan materi tentang respon bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme yang pernah terjadi di Indonesia. Selain itu juga untuk menguji efektivitas sumber belajar sejarah yang dikembangkan oleh peneliti Buku kumpulan cerita pendek ini menggunakan kertas ukuran A5 dengan jenis kertas bookpaper 55 gram. Ukuran buku adalah 20 5x15 cm seperti buku kumpulan cerpen pada umumnya. Jenis huruf yang digunakan adalah Cambria ukuran 11 untuk isi cerita dan Bookman Old Style ukurun 8 5 untuk tulisan di dalam kotak Fakta Sejarah dan kutipan tokoh. Sedangkan untuk materi cerita peneliti memilih tentang respon bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme yang ada pada kompetensi dasar 3.7 pada matapelajaran Sejarah peminatan untuk kelas XI IIS. Metode penelitian yang digunakan adalah mengadopsi dari Sugiyono namun dengan penyesuaian menurut kebutuhan peneliti. Apabila metode yang dikemukakan oleh Sugiyono memiliki sepuluh langkah penelitian maka peneliti hanya menggunakan sembilan langkah saja yakni potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba pemakaian revisi produk uji coba produk dan produk akhir. Untuk tahap kesepuluh yakni produksi masal tidak digunakan karena keterbatasan peneliti dalam hal pembiayaan. Setelah mengidentifikasi masalah dan menyusun produk seperti yang telah dipaparkan peneliti melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media. Ahli materi yang dipilih adalah Bapak Ronal Ridhoi S. Hum. M. A. dan ahli media adalah Bapak Moch. Nurfahrul Lukmanul K. S. Pd. M. Pd. Sedangkan persentase hasil uji yang didapatkan pada validasi materi adalah 93 75% dan validasi media sebesar 93 75%. Berdasarkan rentang tingkat persentase yang dikemukakan oleh vii Suryabarata (2005) hasil yang didapat termasuk dalam golongan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Namun demi menyusun produk yang lebih baik revisi pada sumber belajar ini tetap dilakukan sesuai dengan saran-saran dari ahli materi dan media. Setelah validasi tahap selanjutnya adalah uji coba produk yang terbagi menjadi dua langkah yakni uji coba kelompok kecil dan besar. Uji coba kelompok kecil menggunakan responden sebanyak 7 orang dari kelas XI IIS 3 dan diperolehlah hasil sebesar 85 39%. Sedangkan uji coba kelompok besar dilaksanakan di kelas XI IIS 2 dengan jumlah siswa yang mengisi angket sebanyak 33 orang. Hasil yang didapatkan dari uji coba kelompok besar sebesar 89 63%. Berdasarkan kedua hasil uji coba ini dapat disimpulkan bahwa sumber belajar berupa buku antologi cerita pendek ini termasuk sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Jadi kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah sumber belajar berupa buku antologi cerita pendek berjudul Djoeang pokok bahasan respon bangsa Indonesia terhadap kolonialisme termasuk valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah. Saran untuk pengembangan selanjutnya bisa terus diperbaiki baik dari segi isi cerita maupun aspek kebahasaannya. Selain itu juga bisa diperluas pembahasannya dengan mengambil materi sejarah yang lain. Satu lagi peneliti selanjutnya perlu untuk bekerja sama dengan penerbitan agar buku antologi seperti ini bisa dinikmati tidak hanya dari kalangan pendidikan tapi juga dibaca oleh khalayak luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55017

Actions (login required)

View Item View Item