Pengembanan media permainan find out dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto / Vinny Dhenada Kautsar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembanan media permainan find out dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto / Vinny Dhenada Kautsar

Kautsar, Vinny Dhenada (2018) Pengembanan media permainan find out dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto / Vinny Dhenada Kautsar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Kautsar Vinny Dhenada. 2018. Pengembangan Media Permainan Find Out dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto M.Hum. (II) Indah Wahyu Puji Utami S.Pd. S.Hum. M.Pd. Kata Kunci media permainan Find Out pembelajaran Sejarah Kajian ini membahas permasalahan dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat diperlukan perubahan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik. Baik dari aspek pendukung dalam proses pembelajaran seperti media pembelajaran strategi pembelajaran model dan metode pembelajaran desain sistem pembelajaran dan sebagainya. Dalam pembelajaran Sejarah diperlukan inovasi baru terutama dalam media pembelajaran Sejarah untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk yang berupa media permainan Find Out. Media permainan Find Out merupakan suatu media permainan yang bertujuan untuk menemukan akhir dari suatu peristiwa. Pemanfaatan media permainan Find Out dalam pembelajaran Sejarah yaitu untuk menguji efektifitas produk media permainan dalam pembelajaran Sejarah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto. Media permainan Find Out diujicobakan dan dimanfaatkan di SMA Negeri 1 Mojosari. Penelitian dan pengembangan media permainan Find Out menggunakan tahapan Research and Development (R D) dari Sugiyono. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut diperoleh data-data penelitian dan pengembangan media permainan Find Out. Data-data dalam penelitian dan pengembangan media permainan Find Out diperoleh melalui data uji validasi materi data uji validasi media data uji coba produk kelompok terbatas dan data uji efektivitas yang berupa hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Sejarah antara sebelum dan sesudah pemanfaatan media. Berdasarkan hasil uji validasi diketahui validitas materi pada media permainan Find Out sebesar 90% sedangkan diketahui validitas media pada media permainan Find Out sebesar 95%. Sehingga media ini dinyatakan valid dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran Sejarah. Berdasarkan hasil uji coba produk kelompok terbatas untuk kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Mojosari diketahui bahwa tingkat kevalidan media yaitu sebesar 81% dan dapat disimpulkan valid sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba lapangan melalui pre-test dan post-test diketahui hasil belajar sebelum pemanfaatan media permainan Find Out sebesar 72 6% meningkat menjadi 84 53% sesudah memanfaatkan media permainan Find Out. Berdasarkan data hasil uji coba di atas dapat disimpulkan bahwa media permainan Find Out dinyatakan valid sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah. Selain itu diharapkan media permainan Find Out lebih dimanfaatkan untuk pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55016

Actions (login required)

View Item View Item