Hasanah, Yulia (2018) Persepsi guru sejarah SMA Negeri terhadap sejarah lokal masa revolusi di Kota malang / Yulia Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Hasanah Yulia. 2018. Persepsi Guru Sejarah SMA Negeri terhadap Sejarah Lokal Masa Revolusi di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M.Hum. (II) Indah Wahyu P.U M.Pd Kata Kunci Persepsi Guru Sejarah Lokal Sejarah Lokal masa Revolusi di Kota Malang Kota Malang merupakan salah satu daerah yang bersejarah pada masa revolusi (1945-1949). Sejarah lokal sangat penting untuk disampaikan karena pembelajaran sejarah bisa dicapai dengan baik apabila didasarkan atas interaksi peserta didik dengan peristiwa-peristiwa lingkungan sekitarnya.Berdasarkan hasil observasi guru-guru SMA Negeri di Kota Malang ternyata memiliki pendapat yang berbeda-beda terkait sejarah lokal masa revolusi di Kota Malang. Berdasarkan perbedaan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian terkait persepsi guru sejarah SMA Negeri terhadap sejarah lokal masa revolusi di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemahaman dan persepsi guru sejarah di SMA Negeri di Kota Malang terhadap sejarah lokal masa revolusi di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya yaitu di 10 SMA Negeri di Kota Malang. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sejarah Indonesiakelas XII karena tema dalam penelitian yaitu sejarah lokal Kota Malang pada masa revolusi yang sesuai dengan Kopetensi Dasar ( KD) 3.1 dan 3.2 kelas XII mata pelajaran Sejarah Indonesia Wajib. Adapun isi dari KD 3.1 yaitu mengevaluasi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan. Sedangkan isi KD 3.2 yaitu mengevaluasi peran tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948 1965. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor pemahaman guru sangat mempengaruhi persepsi masing-masing guru. Guru yang memiliki pemahaman baik terhadap sejarah lokal Kota Malang utamanya pada masa revolusi akan berbeda dengan guru yang pemahamannya kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru sejarah SMA Negeri di Kota Malang mempunyai pemahaman dengan kategori positif. Guru sejarah SMA Negeri di Kota Malang berasal dari daerah yang berbeda-beda terdapat guru yang berasal dari Kota Malang dan dari luar Kota Malang. Namun asal daerah bukanlah faktor dari pemahaman guru sejarah terhadap sejarah lokal Kota Malang. Meskipun hasil penelitian menunjukkan terdapat guru sejarah yang berasal dari luar Kota Malang yang memiliki pemahaman kurang namun juga ii terdapat guru sejarah sama-sama dari luar Kota Malang memiliki pemahaman yang baik terhadap sejarah lokal masa revolusi Kota Malang. Penelitian juga menunjukkan persepsi guru sejarah SMA Negeri terhadap sejarah lokal masa revolusi di Kota Malang guru-guru sejarah yang dijadikan subjek penelitian memiliki persepsi yang berbeda dan juga terdapat persepsi guru yang sama. Persepsi yang berbeda-beda terkait sejarah lokal Kota Malang merupakan suatu hal yang lumrah. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh guru sejarah SMA Negeri di Kota Malang memiliki persepsi bahawa sejarah lokal Kota Malang utamanya pada masa revolusi wajib untuk disampaikan kepada peserata didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55015 |
Actions (login required)
View Item |