Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang / Nofian Faqri Amrulloh

Amrulloh, Nofian Faqri (2018) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang / Nofian Faqri Amrulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amrulloh, Nofian Faqri. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mashuri, M.Hum., (II) Drs. Marsudi, M.Hum. Kata kunci: Model problem based learning, Metode numbered heads together, Motivasi belajar siswa. Proses pembelajaran di dalam kelas seringkali dihadapkan pada beberapa permasalahan, misalnya saja mengenai kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Permasalahan tersebut juga dialami oleh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang pada saat proses pembelajaran sejarah berlangsung. Diketahui pada saat guru menerangkan ada siswa yang mengantuk atau belajar sambil kepala menengadah ke meja, ngobrol sendiri atau mengobrol dengan teman sebangku, ada pula yang main hand phone, dan ada pula siswa yang kurang fokus dalam belajar atau terlihat mulai bosan dalam belajar. Dari adanya permasalahan yang ditemukan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang melalui penerapan Model Problem Based Learning dan Metode Numbered Heads Together. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatannnya adalah pendekatan Kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang. Dalam pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II, hal ini dilakukan agar bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Mengenai pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang. Hal ini dapat diketahui dari adanya peningkatan presentase di mulai dari Pra Tindakan, Siklus I sampai Siklus II yang terus mengalami peningkatan. Pada Pra Tindakan diketahui motivasi belajar siswa sebesar 65,8% dan meningkat menjadi 76,7% pada Siklus I, dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi sebesar 84,2%. Dari adanya hal itu dapat diketahui motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 sudah mengalami peningkatan. Saran dari peneliti adalah Jika akan menyajikan suatu pembelajaran berbasis masalah diharapkan dapat mengaitkan materi dengan masalah yang berkaitan dengan isu-isu yang berkembang pada saat itu ataupun sebuah masalah yang lebih menarik bagi siswa agar siswa lebih tertarik lagi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55013

Actions (login required)

View Item View Item