Pengembangan modul batik Ternggalek sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran sejarah untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal siswa kelas X IIS 2 di SMAN 1 Dongko / Nunik Lailatul Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul batik Ternggalek sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran sejarah untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal siswa kelas X IIS 2 di SMAN 1 Dongko / Nunik Lailatul Masruroh

Masruroh, Nunik Lailatul (2018) Pengembangan modul batik Ternggalek sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran sejarah untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal siswa kelas X IIS 2 di SMAN 1 Dongko / Nunik Lailatul Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Masruroh Nunik Lailatul. 2018. Pengembangan Modul Batik Trenggalek Sebagai Bahan Ajar Penunjang Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Lokal Siswa Kelas X IIS 2 di SMAN 1 Dongko. Skripsi Jurusan Sejarah Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum (2) Dra. Yuliati M.Hum. Kata Kunci Pengembangan modul sejarah lokal batik Trenggalek Pembelajaran sejarah di sekolah SMA masih terpusat pada kurikulum nasional sedangkan pembelajaran di sekolah belum memuat kurikulum mengenai sejarah lokal. Permasalahan tersebut juga terdapat pada pembelajaran sejarah di SMAN 1 Dongko. Pembelajaran sejarah di SMAN 1 Dongko masih mengacu pada buku paket sejarah Indonesia dan belum mengacu pada pembelajaran yang berbasis sejarah lokal sehingga siswa seringkali kurang mengetahui dan memahami sejarah lokal daerahnya sendiri. Oleh karena itu penulis mengembangkan bahan ajar berupa modul sebagai penunjang pembelajaran sejarah di SMAN 1 Dongko. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk modul Batik Trenggalek selain itu untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X IIS 2 SMAN 1 Dongko terhadap sejarah lokal Batik Trenggalek.Modul yang dikembangkan penulis berdasarkan KI dan KD 3.6 yaitu menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat pemerintah dan kebudayaan pada masa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini sesuai dengan kurikulum K13 kelas X SMA Pengembangan pembelajaran dalam penilitian ini menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Langkah pengembangan ini yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi masal. Uji coba validasi melibatkan 3 validator yaitu 1 validator ahli media dan 2 ahli materi yang merupakan 1 dosen sejarah dan 1 dari guru pamong. Tahap uji coba dilakukan pada kelompok kecil sebanyak 5 siswa serta uji coba lapangan terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah modul Batik Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diketahui bahwa tingkat kelayakan modul sebesar 91 07 % dan 75 % sedangkan validasi media sebesar 100%. Tingkat kelayakan yang diperoleh menunjukkan bahwa menurut ahli media dan ahli materi modul layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan kategori valid. Hasil uji coba kelompok kecil diketahui tingkat kelayakan modul sejumlah 77% sedangkan hasil uji coba lapangan diketahui kelayakan sebesar 80%. Hasil pre test menunjukksan rata-rata 41 5% dan hasil post test menunjukkan rata-rata 75%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ii modulsiap dimanfaatkan dan efektif untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal siswa kelas X SMAN 1 Dongko. . Modul dilengkapi dengan petunjuk penggunaan modul gambar-gambar yang mendukung dan materi yang disajikan berbasis sejarah lokal yakni Batik Trenggalek sehingga pembaca mudah dalam memahami materi. Penulis menyadari masih banyaknya kekurangan yang terdapat dalam modul ini seperti desain gambar yang kurang menarik penggunaan modul masih terbatas pada satu sekolah dan lain-lainnya sehingga penulis mengharapkan kedepannya terdapat penelitian yang mampu melengkapi kekurangan-kekurangan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55012

Actions (login required)

View Item View Item