Pengembangan adobe animate CC berbasis multimedia interaktif pada materi kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia untuk kelas XI PMS SMK PGRI 2 Malang / Rita Taismaniar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan adobe animate CC berbasis multimedia interaktif pada materi kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia untuk kelas XI PMS SMK PGRI 2 Malang / Rita Taismaniar

Taismaniar, Rita (2018) Pengembangan adobe animate CC berbasis multimedia interaktif pada materi kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia untuk kelas XI PMS SMK PGRI 2 Malang / Rita Taismaniar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Taismaniar Rita. 2018. Pengembangan Adobe Animate CC Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Kedatangan Bangsa Eropa Ke Indonesia Untuk Kelas XI PMS SMK PGRI 2 MALANG. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Mashuri M.Hum dan Pembimbing II Indah Wahyu P.U. S.Pd. S.Hum. M.Pd. Kata Kunci Adobe Animate CC Multimedia Interaktif Kedatangan Bangsa Eropa Matapelajaran sejarah mengajarkan kepada peserta didik untuk membentuk sikap bijaksana dan diharapkan bisa mengambil hal-hal postif yang ada di masa lalu. Namun pada perkembangannya matapelajaran sejarah dianggap menjenuhkan bagi sebagian besar peserta didik. Masalah pemanfaatan media yang kurang maksimal terlihat di kelas XI PMS SMK PGRI 2 Malang. Padahal di kelas ini sudah tersedia LCD namun masih jarang dimanfaatkan dan penyampaian materi pelajaran sejarah masih dominan menggunakan buku-buku teks dan LKS. Padahal seiring perkembangan zaman yang ditandai kemajuan TIK bisa dimanfaatkan dibidang pendidikan khususnya digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan pertimbangan tersebut peneliti melakukan pengembangan media dengan tujuan mengahasilkan sebuah produk Adobe Animate CC berbasis multimedia interaktif. Alasan pemilihan Adobe Animate CC berbasis multimedia interaktif dikarenakan media ini berbasis aplikasi komputer berupa aplikasi offline. Sehingga peserta didik tidak perlu mengaksesnya menggunakan internet tetapi cukup dengan menjalankanya dengan aplikasi yang ada di Compact Disk (CD) yang dapat dioprasionalkan dengan mudah oleh peserta didik. selain itu Adobe Animate CC berbasis multimedia interaktif ini merupakan program baru sehingga kecanggihan fitur-fiturnya lebih baik lagi jika dibandingakan dengan program sebelumnya. produk akhir media ini sudah diubah dalam media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif. Pemilihan materi Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia pada media ini karena berdasarkan penuturan pendidik bahwa pada materi ini peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami kedatangan bangsa Eropa datang ke Indonesia secara kronologis dan pembahasan pada materi ini cukup luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari metode penelitian dan pengambangan dari Sugiyono. Metode ini memiliki sepuluh tahap namun dalam penelitian ini hanya digunakan sembilan tahap. Adapun tahapan-tahapannya yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media angket respon peserta didik dan tes (pre-test dan post-test). Produk tersebut telah melalui uji coba dengan hasil validasi dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 87 5% dan 97 5% dari ahli media. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 86 2% dan 86 97% dari uji kelompok besar. Diperoleh data hasil pre-test yaitu menunjukkan nilai rata-rata sebelum menggunakan produk sebesar 22 5 dan hasil post-test setelah menggunakan produk sebesar 87 4. Kesimpulan dari hasil persentase di atas yaitu Adobe Animate CC berbasis multimedia interaktif yang dikembangan valid dan efektif. Keefektifan dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test dengan diperoleh selisih hasil yang signifikan dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut pada media ini dengan materi-materi pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55011

Actions (login required)

View Item View Item