Implementasi nilai kemuhammadiyahan dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan / Ummu Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai kemuhammadiyahan dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan / Ummu Mahmudah

Mahmudah, Ummu (2018) Implementasi nilai kemuhammadiyahan dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan / Ummu Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmudah Ummu. 2018. Implementasi Nilai Kemuhammadiyahan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Reza Hudiyanto M. Hum (II) Najib Jauhari S.Pd. M. Hum Kata Kunci pembelajaran sejarah nilai kemuhammadiyahan Pendidikan Muhammadiyah merupakan pendidikan Islam yang modern yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan dan antara iman dengan kemajuan yang holistik. Dari pendidikan tersebut diharapkan akan lahir generasi peserta didik yang kuat iman dan kepribadiannya. SMA Muhammadiyah1 Babat merupakan SMA yang sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat menjadi sekolah berprestasi dan dikenal dengan sebutan sekolah unggul atas prestasi-prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Babat serta sekolah yang dipercaya sebagai sekolah Islam. Oleh karena itu dalam menanamkan nilai karakter SMA Muhammadiyah memiliki model yang berbeda salah satunya dalam menanamkan nilai karakter yaitu nilai kemuhammadiyahan. Salah satu matapelajaran yang wajib dipelajari oleh peserta didik ditingkat SMA adalah sejarah oleh karena itu matapelajaran ini wajib mengimplementasikan nilai karakter terutama nilai kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan pelaksanaan nilai keMuhammadiyahan dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah1 Babat dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai karakter di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini mendeskribsikan tentang cara guru sejarah dalam melakukan program pembelajaran yang didalamnya telah diimplementasi dengan nilai karakter keMuhammadiyahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dokumentasi dan angket sebagai data tambahan. Subyek penetian yaitu Kepala Sekolah Waka Kurikulum Guru Sejarah dan Peserta Didik. Analisis data dilakukan dengan tahapan berikut (a) Reduksi data (2) Displai data (c) Penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian yaitu pertama menunjukan guru sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Babat sudah menanamkan nilai karakter terutama untuk nilai keMuhammadiyahan dengan menyisipkan dalam suatu materi sejarah namun nilai karakter keMuhammadiyahan tidak secara tertulis eksplisit tercantum dalam RPP adapun nilai-nilai karakter keMuhammadiyahan yang muncul dalam pembelajaran sejarah adalah nilai shiddiq amanah keikhlasan fathonah tajdid dan etos kerja yang sungguh-sungguh . Kedua Dalam mengembangkan nilai karakter peserta didik tidak lepas dari beberapa hal yang mendukung dan menghambat pengembangan karakter terutama nilai keMuhammadiyahan. Namun demikian pihak sekolah akan bekerja sama dalam memperbaiki penanaman nilai karakter di SMA Muhammadiyah 1 Babat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55010

Actions (login required)

View Item View Item