Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Kepanjen / Heni Vatma Karinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Kepanjen / Heni Vatma Karinah

Karinah, Heni Vatma (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Kepanjen / Heni Vatma Karinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Karinah Heni Vatma. 2018.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Islam Kepanjen. Skripsi Jurisan Pendidikan Sejarah Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M.Hum. Pembimbing (2) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci Faktor Keaktifan Faktor Internal Faktor Eksternal Siswa IPS. Kegiatan belajar secara keseluruhan dilakukan atau dilaksanakan di sekolah kegiatan belajar merupan kegiatan yang paling pokok. Berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh murid sebagai anak didik. Proses belajar hendaknya menjadi prioritas lebih-lebih belajar untuk melihat kedepan yakni belajar untuk mengantisipasi realitas. Dunia pendidikan yang sangat memegang kunci dalam pembangkitan dan pengembangan daya kreativitas anak itu adalah guru. Seorang guru yang ingin membangitkan keaktifan pada anak-anak didiknya harus terlebih dahulu berupaya supaya ia sendiri aktif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Aktivitas atau keaktifan siswa juga menunjukkan berbagai kegiatan perubahan tingkah laku individu dengan melakukan interaksi dengan lingkungannya untuk mencapai tujuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (a)Apakah terdapat siswa yang kurang aktif dan antusias pada saat proses pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS (b) Apasajakah faktor internal dan eksternal yang paling mempengaruhi proses keaktifan belajar Sejarah siswa XI IPS dan (c) Bagaimana cara guru mengatasi ketidak aktifan siswa pada proses pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS. Berdasarkan permasalahan penelitian di atas maka tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah pada kelas XI IPS SMA Islam Kepanjen. Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses keaktifan belajar Sejarah siswa di kelas XI IPS (2) mendeskripsikan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keaktifan belajar Sejarah siswa di kelas XI IPS (3) Mendeskripsikan bagaimana guru mengatasi ketidakaktifan siswa pada proses pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksploratif menggunkan jenis penelitian deskriptif kulitatif. Metode penelitian eksploratif menurut Arikunto (2006 7) penelitian eskploratif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Metode penelitian eksploratif adalah penelitian yang bertujuan untuk menguraikan suatu objek secara relatif mendalam atau dengan kata lain penelitian eksploratif adalah penelitian yang dilakukan untuk mencari sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu dan dipakai manakala kita belum mengetahui secara persis dan specifik mengenai objek penelitian. Hasil Observasi dan wawancara yang telah dilakukan di kelas XI IPS 1 dan 2 SMA Islam Kepanjen dalam proses belajar mengajar terjadi aktivitas guru dan siswa kondisi ini memotivasi siswa untuk cenderung aktif dalam belajar. iv Selain itu banyak juga faktor-faktor yang mempengaruhi aktif tidaknya siswa. Faktor keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran dapat merangsang dan mengembangkan bakat yang dimilikinya siswa juga dapat berlatih untuk berfikir kritis dan dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu guru juga dapat merekayasa sistem pembelajaran secara sistematis sehingga merangsang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga hasil dari penelitian inin faktor internal yang paling berpengaruh dalam keaktifan belajar siswa di kelas XI IPS 1 dan 2 adalah faktor keadaan jasmanai dan minat sisw dalam proses pembelajaran sejarah di dalam kelas. Faktor eksternal yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa adalah faktor Guru dan teman sebaya. Faktor-faktor keaktifan siswa tersebut sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran Sejarah di SMA Islam Kepanjen. Sekolah hendaknya lebih meningkatkan dan mengoptimalkan fasilitas penunjang pembelajaran sehingga dapat membantu keaktifan belajar siswa didalam kelas dengan baik. Fasilitas tersebut nantinya dapat menunjang siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Bagi Guru hendaknya selalu memberikan stimulus motivasi dan model serta media pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa sehingga akan membangkitkan keaktifan belajar siswanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55004

Actions (login required)

View Item View Item