Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangmenggah Wonorejo Pasuruan / Alfitriatun Nurun Alfiah

Alfiah, Alfitriatun Nurun (2015) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangmenggah Wonorejo Pasuruan / Alfitriatun Nurun Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfiah, AlfitriatunNurun. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning untukMeningkatkanKeaktifanSiswadanHasilBelajarSiswaKelas V SDN KarangmenggahWonorejoPasuruan. Skripsi, JurusanTeknologiPendidikan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Anselmus J. E. Toenlioe, M.Pd, (2) Dr. AgusWedi, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, keaktifan, danhasilbelajar Hasilobservasidalampembelajaran IPA di kelas V SDN Karangmenggahmasihmenekankanpadaaspekpengetahuandanpemahamanmateri. Guru lebihbanyakberceramahsertamemberikanlatihansoal-soalpadabukupaketMetodetersebut, membuatsiswakurangaktifdalampembelajaransehinggadapatmempengaruhihasilbelajarsiswa. Atasdasarpermasalahantersebut, penelitimenerapakan model Problem Based Learninguntukmeningkatkankeaktifansekaligushasilbelajarsiswa. Tujuandaripenelitianiniadalah (1) menerapan model Problem Based Learningdalam proses pembelajaranpadamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah.(2) meningkatkankeaktifansiswadenganditerapkannya model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah. (3) meningkatkanhasilbelajarsiswasetelahditerapkannya model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah. PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas model Kemmisdan Mc. Teggart. Subjekdalampenelitianiniyaitusiswakelas V SDN KarangmenggahWonorejoPasuruan.Tahapdalampenelitianini: (1) perencanan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatandan (4) refleksi di setiapsiklusnya. Instrumenpenelitianiniberupa (1) pedomanwawancara, (2) pedomanobservasi, (2) soal-soaltes.Hasilpenelitinmenunjukkanpeningkatankeaktifandanpeningkatanhasilbelajarterbuktipadasiklus 1 denganpersentase (66,66%) meningkatmenjadi(94,87%) padasiklus 2. Penelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA dapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelas V SDN Karangmenggah. Saran yang dapatdiberikandaripenelitiadalah: (1) guru dapatmemotivasisiswadenganmemberikanpenghargaanterhadapkinerjasiswa agar siswalebihantusiasmengikutipembelajaran. (2) guruperlumembiasakandiriuntukmenyajikanpembelajaran yang lebihmenyenangkansepertidenganmenerapkan model Problem Based Learning padamatapelajaran lain danmembiasakansiswanyauntuksenantiasapercayadiridenganhasilkerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item