Wulandari, Rika (2018) Pengembangan video pembelajaran sejarah berbasis animaker dengan materi Budaya Megalitik pada siswa kelas X MA Al Maarif Singosari / Rika Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Rika. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah berbasis Animaker dengan Materi Budaya Megalitik pada Kelas X MA Al Maarif Singosari. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ismail Lutfi M.A. (2) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Kata Sumber video pembelajaran animaker budaya megalitik. Pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas X8 MA Al Maarif Singosari lebih sering menggunakan media LKS powerpoint serta metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan monoton. Padahal saat ini telah banyak tersedia media pembelajaran sesuai dengan kemajuan Iptek. Berdasarkan dengan permasalahan tersebut maka diperlukan adanya variasi media dalam pembelajaran sejarah. Video pembelajaran sejarah berbasis animaker diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan suatu produk pengembangan video pembelajaran sejarah berbasis animaker dengan materi budaya megalitik pada siswa kelas X MA Al Maarif Singosari (2) mengetahui efektivitas video pembelajaran sejarah berbasis animaker dengan materi budaya megalitik pada siswa kelas X MA Al Maarif Singosari. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi dari model Sugiyono dengan tahapan dalam model penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu video pembelajaran sejarah berbasis animaker dengan materi budaya megalitik. Video pembelajaran berbasis animaker ini memberikan tampilan video dengan penambahan animasi bergerak serta penyajian materi budaya megalitik di dalamnya. Video pembelajaran ini tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Ahli materi memberikan nilai sebesar 95% (valid dan tidak perlu revisi) dan ahli media memberikan nilai sebesar 85% pada tahap validasi pertama kemudian pada tahapan kedua memberikan nilai sebesar 100% (valid dan tidak perlu revisi). Hasil angket penilaian responden uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran tergolong dalam kategori layak. Nilai hasil persentase uji coba pada kelompok kecil menunjukkan nilai sebesar 91 5% sedangkan nilai hasil persentase uji coba kelompok besar menunjukkan nilai sebesar 89 74% dengan kategori valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran sejarah berbasis animaker ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah materi tentang budaya megalitik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54991 |
Actions (login required)
View Item |