Setiawan, Adi Rahmad Dwiky (2017) Ilustrasi gambar pada buku siswa mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI sebagai sumber belajar / Adi Rahmad Dwiky Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmad Dwiky Setiwan Adi 2017. Ilustrasi Gambar Pada Buku Siswa Matapelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI Sebagai Sumber Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hariyono M.Pd (2) Drs. Ismail Lutfi M.A. Kata Kunci Peranan Ilustrasi Gambar Sumber Belajar Pembelajaran Buku siswa yang beredar di sekolah-sekolah pada umumnya telah disertai dengan ilustrasi gambar. Ketersediaan ilustrasi gambar tersebut dapat dipergunakan oleh guru guna memfasilitasi kebutuhan belajar siswa selama proses KBM berlangsung. Namun sepengetahuan peneliti belum ditemui adanya penelitian lebih lanjut terkait dengan peranan ilustrasi gambar pada buku siswa sebagai sumber belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana peranan ilustrasi gambar pada buku siswa matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI sebagai sumber belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan ilustrasi gambar pada buku siswa matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan berasal dari reviewer buku guru matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Genteng dan Siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Genteng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Verivikasi dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilustrasi gambar pada buku siswa matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI sebagai sumber belajar hanya dapat mendukung sebagian gagasan dari teks materi yang disertainya. Penggunaan ilustrasi gambar pada buku siswa matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI sebagai sumber belajar dalam proses KBM dipengaruhi intensitas guru dalam mempergunakanya sedangkan guru cenderung untuk hanya sekedar menerangkan kembali teks keterangan yang menyertai masing-masing ilustrasi gambar tersebut. Dampaknya adalah aktivitas belajar siswa cenderung pasif dalam mempergunakan ilustrasi gambar pada buku siswa matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI sebagai sumber belajar dalam proses KBM. Kecenderungan sikap siswa terhadap penggunaan ilustrasi gambar pada buku siswa matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI sebagai sumber belajar dalam proses KBM tidak mempengaruhi hasil belajar yang dimilikinya 0 orang siswa dengan kecenderungan sikap tidak berperan 33 orang siswa dengan kecenderungan sikap kurang berperan 57 orang siswa dengan kecenderungan sikap cukup berperan dan 24 orang siswa dengan kecenderungan sikap sangat berperan terhadap penggunaan ilustrasi gambar pada buku siswa matapelajaran Sejarah Indonesia kelas XI sebagai sumber belajar dalam proses KBM memiliki hasil belajar dengan skor perolehan sebesar 76-85 atau masuk dalam kategori baik. ABSTRACT Rahmad Dwiky Setiawan Adi. 2017. Picture Illustration On The Student Book Of Indonesian History At XI Grade As A Learning Source. Thesis. History Education Studies Program for Department of History FIS State University of Malang. Supervisor (1) Prof. Dr. Hariyono M.Pd (2) Drs. Ismail Lutfi M.A. Key Word Role Illustration Picture Learning Source Learning Many books are circulating at generaly schools has been accompanied ilustrated picture. Throught availability ilustrated picture on the books can help teachers to facilitate student s learning needs in learning the subject matter but to the knowledge of researchers can t be found the research about the role of ilustrated picture as learning resource. Based problem in the research is how the role ilustrated picture of the student s book by subject the history of Indonesia at XI grade as a learning source . The research aims to describe the role ilustrated picture of the student s book by subject the history of Indonesia at XI grade as a learning source. This study used a qualitative approach and the type of research is descriptive. Informan is the book reviewer History Teacher of Madrasah Aliyah Negeri Genteng and XIth grader of Madrasah Aliyah Negeri Genteng. Data collection techniques used were interviews observation and documentation. Data analysis was performed by (1) data reduction (2) Presentation of data (3) the verification and conclusion. The result of the research showed that ilustrated picture of the student s book by subject the history of Indonesia at XI grade as a learning source just support the support a parth of th text s idea that participated on it. The use ilustrated picture of the student s book by subject the history of Indonesia at XI grade as a learning source in the learning and teaching process was influenced by the intensity of the teacher when they use it where as the teacher has a tendency to re-explain only statement s text thet participate every single the ilustrated picture. The impact was in student s learning activity that disposed into pasive for using the ilustrated picture of the student s book by subject the history of Indonesia at XI grade as a learning source in the learning and teaching process. The tendency of attitude toward the use of picture ilustrated of the student s book by subject the History of Indonesia at XI grade as a learning source at the teaching process was not be influence of the student s learning result 0 student on the tendency of attitude does not important 33 student on the tendency of attitude lessimportant 57 student on the tendency of attitude important and 24 student on the tendency of attitude very important by used of picture ilustrated of the student s book by subject the History of Indonesia at XI grade as a learning source at the teaching process have score learning s process 76-85 or fall into the category great.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54985 |
Actions (login required)
View Item |