Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media video untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Hadi Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media video untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Hadi Setyawan

Setyawan, Hadi (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media video untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Hadi Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan Hadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Sujud P.J M.Hum (2) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata kunci STAD video hasil belajar Dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah masih seringkali dijumpai permasalahan di antaranya adalah kurangnya variasi model pembelajaran metode yang disampaikan monoton siswa yang pasif keterbatasan sumber belajar siswa dan hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan tersebut juga terjadi di SMA Negeri 1 Kauman. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kauman pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2016 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X IPS 1 masih rendah. Terdapat 21 siswa dari 39 siswa nilainya berada di bawah KKM yaitu 75. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa tersebut adalah kondisi kelas yang kurang kondusif. Hal tersebut menjadikan nilai hasil belajar siswa di bawah KKM. Melihat rendahnya hasil belajar maka diperlukan adanya perbaikan kegiatan pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar sejarah tersebut dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan media video. Pemberian tindakan tersebut perlu dilakukan agar tercapai peningkatan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD menggunakan media video. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Kauman. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK. Proses pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan kegiatan observasi wawancara dokumentasi. Tahapan analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan model yang dikemukakan oleh Daryanto yaitu dengan tahapan pengumpulan data pengelompokkan data pemaparan data dan pemberian kesimpulan data. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan menggunakan media video menjadikan siswa lebih mampu memahami materi yang diberikan. Hal tersebut terlihat dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata kelas sebelum diberikan tindakan yaitu 69 dengan persentase kelulusan 46 15%. Peningkatan hasil belajar pada siklus pertama yaitu nilai rata-rata kelas 76 dengan persentase kelulusan 74 35% dan pada siklus kedua nilai rata-rata kelas 80 dengan persentse kelulusan 87 17%. Peningkatan hasil belajar di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif STAD dengan media video ini layak untuk diterapkan dalam pembelajaran sejarah. ABSTRACT Setyawan Hadi. 2016. Application of Cooperative Learning Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Models on Video Media to Improve History Learning Outcomes of Student in Class X IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Undergraduate Thesis Department of History Faculty of Social Science Universitas Negeri Malang. Supervisor (1) Drs. Slamet Sujud P.J M.Hum (2) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Keywords STAD video learning outcomes In the implementation of learning History we still often encountered problems such as the lack of variation of learning models monotonous methods that delivered to students passive students and also limited learning resources of students. This problem also occurred in SMA Negeri 1 Kauman. Based on the observations that conducted researcher discovered that the results of student s learning in class X IPS 1 are still low. There are 21 of 39 students who has scores below KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal or Minimum Completeness Criteria) that is 75 point. The cause of this is the class condition that isn t conducive. In this case the students didn t focus on learning activities and have an impact on their scores. Seeing this condition it is necessary to improve the learning activities of History. This improvement efforts is done by applying STAD s cooperative learning model with video media. Provision of such action needs to be done in order to achieve learning objectives. The purpose of this study is to improve student learning outcomes on History subjects with the application of STAD cooperative learning model using video media. The subject of this research is class X IPS 1 in SMA Negeri 1 Kauman. This research using Classroom Action Research (CAR) method . Data collection in this research was did by doing observation interview documentation. Stages of data analysis conducted in this study is using the model proposed by Daryanto that is consisting of data collection data grouping data exposure and data conclusion. Implementation of this research was conducted in two cycles each cycle consisting of two meetings. The results of this study indicate that with the application of STAD cooperative learning model and the use of video media makes students more able to understand the material provided. This can be seen in the increased learning outcomes of students that seen from the findings in each cycle. The average grade value before the given action is 69 with the percentage of 46.15% graduation. Increased learning outcomes in the first cycle is the average value of class 76 with the percentage of 74.35% passing and on the second cycle the average value of class 80 with the passing percentage of 87.17%. Improvement of learning outcomes in class X IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung shows that the use of STAD cooperative model with video media is feasible to be applied in learning history.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54984

Actions (login required)

View Item View Item