Aplikasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran sejarah kelas XI IS di SMAN 1 Gending Kabupaten Probolinggo / Nova Andreyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran sejarah kelas XI IS di SMAN 1 Gending Kabupaten Probolinggo / Nova Andreyanto

Andreyanto, Nova (2017) Aplikasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran sejarah kelas XI IS di SMAN 1 Gending Kabupaten Probolinggo / Nova Andreyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andreyanto Nova. 2017. Aplikasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah XI IS di SMA Negeri 1 Gending Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Najib Jauhari S.Pd M.Hum (2) Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. Kata Kunci Kurikulum 2013 Pembelajaran Sejarah Aplikasi. SMA Negeri 1 Gending merupakan sekolah menengah atas terbaik dari 7 sekolah yang berdiri di Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Sekolah yang dipimpin oleh Bapak Adin Budi Satriyo S.Pd mengalami perkembangan yang bagus dari masa KTSP sampai masa Kurkulum 2013. Sekolah ini berhasil menghasilkan siswa-siswa yang berprestasi. Prestasi yang pernah diraih dalam bidang sejarah adalah juara satu tingkat provinsi pada kompetisi yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang bertema Menggali Peranan Industri Dalam Perkembangan Sejarah. Prestasi yang diraih pada kegiatan yang diadakan Sampoerna Fondation yang bertema Mengenal Nilai-nilai Nasionalisme yang berhasil menghasilkan produk berupa videografi. Peraihan prestasi tersebut diperoleh pada masa Kurikulum 2013 dari sini peneliti beranggapan akan adanya keterkaitan antara pengaplikasian Kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah terhadap perolehan prestasi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeksplore beberapa hal yang mencakup (1) Aplikasi kurikulum 2013 terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gending serta mengamati keaktifan siswa pada pelaksanaan pembelajaran sejarah (2) Faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gending. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian ini mencakup pemilihan topik reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut Pertama dalam penerapan kurikulum 2013 terdapat beragamnya metode yang diterapkan pada pelaksanaan pembelajaran sejarah. Pengaplikasian Kurikulum 2013 SMAN 1 Gending pada mata pelajaran sejarah dilihat dari standar proses Kurikulum 2013 sudah sesuai yang mana dengan diaplikasikannya Kurikulum 2013 peserta didik mampu meraih prestasi dan proses pembelajaran yang jauh lebih. Kedua Aplikasi Kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran sejarah mengalami kendala-kendala dan permaasalahan diantaranya adalah pemadaman listrik yang sering terjadi pada musim hujan LCD Proyektor yang masih belum tersedia pada semua kelas. Permasalahan pada pelaksanaan pembelajaran sejarah yaitu terdapat siswa yang pasif dalam belajar di kelas terdapat siswa yang mengobrol sendiri dan berbagai macam kemampuan dan kelemahan pada setiap idividu menyulitkan guru dalam mengatasi untuk membantu meraih prestasi. Saran penelitian ini adalah (1) Untuk menunjang penerapan kurikulum 2013 fasilitas-fasilitas pendukung perlu dilengkapi lagi sedikit demi sedikit untuk menunjang kegiatan belajar siswa termasuk untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran. (2) Terkait dengan metode pembelajaran guru diharapkan lebih selektif lagi untuk memilih metode yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi para siswa agar mampu mencapai tujuan bersama. (3) Diharapkan guru sering berkoordinasi sesama guru sejarah dalam mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi saat proses pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun dan mampu mencapai tujuan. (4) Terdapat bebearapa permasalahan di kelas saat pelaksanaan pembelajaran sejarah yang perlu di selesaikan untuk menciptakan proses belajar yang lebih baik lagi maupun hasil belajar yang lebih baik lagi. ABSTRACT Andreyanto Nova. 2017. Application of Curriculum 2013 to Learning History at XI IS in SMA Negeri 1 Gending Kabupaten Probolinggo. Thesis Department of History Faculty of Social Sciences State University of Malang. Counselor (1) Najib Jauhari S.Pd M. Hum (2) Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. Keywords Curriculum 2013 Learning History Application. SMA Negeri 1 Gending is the best high school among 7 schools in Gending Probolinggo. The school headed by Mr. Adin Budi Satriyo S.Pd has a good development from the period of KTSP until the Curriculum 2013. This school successfully produces outstanding students. The achievements that have been obtained in history subject is the champion of one provincial level in a competition held by the Department of Culture and Tourism entitled Digging the Role of Industry in the Development of History. Achievements obtained in the activities which held by Sampoerna Foundation with theme Know the Values Nationalism which successfully develop products of videography. Achievement of achievments have been obtained at the time of Curriculum 2013 Researcher assuming that any connected between the application of Curriculum 2013 on Learning History to achievements of students. This research was carried out several objectives covering (1) knowing the application of curriculum 2013 towards the implementation of history learning in SMA Negeri 1 Gending and observing student activeness in the implementation of learning history (2) to know the supporting factors and inhibiting factors in the implementation of history learning in SMA Negeri 1 Gending. The research method used is explorative method with qualitative approach. The research stages include topic selection data reduction data presentation conclusions and verification. Data collection was done by observation interview and documentation. Based on the analysis results obtained conclusion as follows First in the implementation of the 2013 curriculum there are various methods applied to the implementation of learning history. The application of the curriculum 2013 SMAN 1 Gending on learning history runs according to the school plan and already accordance with standard process of Curriculum 2013 so applied Curriculum 2013 make students can be able to reach achievements and learning process that is much better especially on learning history. Second the application Curriculum 2013 to learning history in the classroom have some obtacles and problem as frequent power outages during rainy season. LCD Projectors that are not available in some classes. Problem on learning process in the classroom such as pasive students on learning process small groups of students who joke chatting behind also diverse student skills make teachers Complicate to help their students achieve learning outcomes. Suggestions of this research are (1) To support the implementation of the 2013 curriculum supporting facilities need to be completed again bit by bit to support learning activities including to overcome the constraints that occur during the implementation of learning. (2) In relation to the method of learning teachers are expected to be more selective in choosing the right method according to the situation and condition of the students in order to be able to achieve the objective. (3) It is expected that teachers often coordinate fellow history teachers in overcoming the obstacles that occur during the learning process so that the implementation of learning goes smoothly in accordance with the plan that has been prepared and able to achieve the objective. (4) There are several classroom problems when learning history needs to be completed to create a better learning process as well as better learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54982

Actions (login required)

View Item View Item