Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (tari bambu) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi / Olga Gusfi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (tari bambu) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi / Olga Gusfi Putri

Putri, Olga Gusfi (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (tari bambu) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi / Olga Gusfi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Olga Gusfi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Matapelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. (2) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Kata Kunci model pembelajaran kooperatif bamboo dancing motivasi belajar. Pembelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran yang membosankan oleh sebagian besar siswa sehingga motivasi belajar cenderung rendah. Kondisi ini juga terjadi di SMA Negeri 1 Cluring khususnya kelas XI IPS 1. Saat pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan ada yang mengobrol dengan temannya ada yang bermain handphone beberapa siswa terlihat mengantuk dan hanya membolak-balikkan buku saja. Oleh karena itu perlu adanya upaya perbaikan dalam pembelajaran sejarah. Beberapa upaya sudah dilakukan guru untuk menanggulangi permasalahan tersebut salah satunya dengan pemberian teguran dan guru berusaha untuk menumbuhkan minat siswa terkait kepercyaan diri untuk berpendapat dan bertanya. Permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan memperbaiki model pembelajaran yang digunakan yakni model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam pembelajaran sejarah. Subjek yang diteliti adalah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Tagart dimana model tersebut berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutya. Konsep pokok dari penelitian Kemmis dan Tagart terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Sedangkan proses pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi wawancara kuesioner serta dokumentasi.. Penerapan model bamboo dancing di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring dilakukan selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Langkah-langkah model bamboo dancing adalah diawali dengan guru membentuk diskusi kelompok agar siswa mencari informasi sesuai dengan materi kelompok masing-masing lalu setelah itu siswa diperintahkan untuk berdiri berjejer dan bertukar informasi dengan satu teman kelompok yang berbeda selanjutnya siswa melakukan diskusi yang kedua dengan menyelesaikan tugas yang diberikan guru secara berkelompok lalu tahap terakhir adalah siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring mengalami peningkatan motivasi belajar yaitu dengan total rata-rata dari siklus I 62 50% menjadi 80 48% di siklus II. ABSTRACT Putri Olga Gusfi. 2017. The Implementation of Cooperative Learning of Bamboo Dancing to Enhance The Learning Motivation of Students in History Learning of XI IPS 1 SMAN 1 Cluring Banyuwangi Regency. Thesis Department of History Faculty of Social Science State University of Malang. Advisor (1) Aditya NugrohoWidiadi S.Pd. M.Pd. (2) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Keyword cooperative learning model bamboo dancing learning motivation. Most of students have a mind-set that history class is boring so they tend to have a low motivation of learning. This condition also happens in SMAN 1 Cluring. Based on the observation and interview s result done in SMAN 1 Cluring it is known that the motivation of the learners in XI IPS 1 is low. Most of the student are ignoring the teacher explanation some of them are talking with another playing with their phone and even some students look sleepy when the teaching and learning process is still conducting. Some efforts have been done by teachers to overcome these problems one of them with the provision of reprimand and teachers trying to foster student interest in confidence to argue and ask questions. However this has not been able to solve the problem of low student motivation. The purpose of this study is to enhance the learning motivation of the student of XI IPS 1 SMAN 1 Cluring by the used of cooperative learning model of bamboo dancing in History class. The subject studied in this research is the student of XI IPS 1 SMAN 1 Cluring. The approach of this research is Classroom Action Research (CAR). The model used in this research is Kemmis and Tagart model where the model is spiral from one cycle to the next cycle. The main concept of Kemmis and Tagart research consists of four components that is planning action observation and reflection.The process of collecting the data in this research is observation interview questionery and documentation. The implementation of bamboo dancing model in XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring done with 2 cycles. Each of the cycles consist of two meeting. The steps of the bamboo dancing model are begins with the teacher forming a group discussion so that students seek information according to their group mood then afterwards the students are instructed to stand in line and exchange information with one different group of friends then the students hold a second discussion with complete the task given by teachers in groups then the last stage is the students presented the results of group work. The results of this study indicate that the use of cooperative learning model type of bamboo dancing in learning history of class XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring experiencing increased learning motivation with the average total of the first cycle 62.50% to 80.48% in the second cycle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54981

Actions (login required)

View Item View Item