Pengembangan komik sejarah berbasis webtoon dalam aplikasi line sebagai sumber belajar sejarah pada materi peristiwa Rengasdengklok kelas XI IIS 1 SMA Negeri 7 Malang / Muchammad Alfan Nurofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik sejarah berbasis webtoon dalam aplikasi line sebagai sumber belajar sejarah pada materi peristiwa Rengasdengklok kelas XI IIS 1 SMA Negeri 7 Malang / Muchammad Alfan Nurofi

Nurofi, Muchammad Alfan (2017) Pengembangan komik sejarah berbasis webtoon dalam aplikasi line sebagai sumber belajar sejarah pada materi peristiwa Rengasdengklok kelas XI IIS 1 SMA Negeri 7 Malang / Muchammad Alfan Nurofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurofi Muchammad Alfan. 2017. Pengembangan Komik Sejarah Berbasis Webtoon dalam Aplikasi Line Sebagai Sumber Belajar Sejarah pada Materi Peristiwa Rengasdengklok Kelas XI SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. (2) Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Sumber Belajar Sejarah Komik Sejarah Line Webtoon Peristiwa Rengasdengklok Pemanfaatan sumber belajar sejarah sangatlah penting guna menciptakan pembelajaran yang efektif. Penggunaan sumber belajar sejarah akan lebih baik apabila melibatkan sesuatu yang modern dan akrab dengan siswa. Pemanfaatan sumber belajar sejarah yang modern tersebut telah dijumpai pada kelas XI IIS 1 SMAN 7 Malang yang telah menggunakan internet sebagai sumber dalam pembelajaran sejarah. Namun dengan digunakanya internet tersebut sebagian besar siswa justru menggunakanya untuk mengakses hal-hal lain seperti komik online. Melihat permasalahan dari kelas XI IIS 1 SMAN 7 Malang tersebut Penelitian ini mengembangkan sebuah sumber belajar sejarah berupa komik sejarah berbentuk web komik atau webtoon menggunakan aplikasi LINE. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan yaitu menghasilkan dan mengembangkan komik sejarah berbasis webtoon yang diakses melalui aplikasi LINE. Selanjutnya menguji efektifitas komik sejarah berbasis webtoon dalam aplikasi LINE sebagai sumber belajar sejarah pada materi peristiwa Rengasdengklok kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model prosedural. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian ( 9) revisi produk dan (10) disseminasi. Berdasarkan model penelitian dan pengembangan tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil uji coba validasi dari ahli media yang menyatakan 96 05% sedangkan hasil dari uji coba validasi oleh ahli materi mencapai 82 5%. Hasil dari kedua validasi tersebut menyatakan bahwa komik sejarah berbasis webtoon ini telah valid atau sesuai sebagai sumber belajar sejarah pada materi peristiwa Rengasdengklok untuk kelas XI SMA. Kedua uji coba kelompok kecil yang dilakukan di kelas XI IIS 1 SMAN 7 Malang secara random kepada 10 orang siswa mendapatkan hasil 86%. Uji coba kelompok besar dilakukan di kelas yang sama dengan responden yang lebih besar yaitu 23 siswa menghasilkan nilai 87 39%. Hasil uji coba lapangan tersebut juga menyatakan bahwa komik sejarah berbasis webtoon ini telah masuk dalam kategori valid. ABSTRACT Nurofi Muchammad Alfan. 2017. The Development of Historical Comic based on Webtoon in Line Aplication as a History Learning Source on Rengasdengklok Insident Topic for High School 11th Grade. Skripsi History Education Major Social Science Faculty Universitas Negeri Malang. Adviser (1) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. (2) Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci History Learning Source Historical Comic Line Webtoon Rengasdengklok Incident. The utilization of historical learning resources is essential to create effective learning. The use of historical learning resources will be better if it involves something modern and intimate with students. The utilization of modern history learning resources have been found in class XI IIS 1 SMAN 7 Malang who have used the internet as a source in learning history. But with the use of the internet most of the students actually use it to access other things such as online comics. Seeing the problem of class XI IIS 1 SMAN 7 Malang this research developed a history learning source of web comic or webtoon using LINE application. This research and development is done with purpose of producing and developing historical comic based on webtoon wich is accessed though LINE application. The next step is to test the effectivity of historical comic based on webtoon in LINE application as a learing source on Rengasdengklok Incident topic for high school 11th grade. This research is using reseaching plans and development of procedural model. The steps in this research and development contains 1) potential and problem 2) data collecting 3) product design 4) design validation 5) product revision 6) product trial 7) product revision 8) usage trial 9) product revision and 10) dissemination. Based on research model and the development the results are these First the validation trial result by the media expert which clarify 96 05% whereas the validation trial result by the topic expert reaches 82 5%. The result of both validation clarify that this based-on-webtoon historical comic is valid or appropriate as a history learning source on Rengasdengklok Incident topic for high school 11th grade. Second a small group trial which is done in Social Major 11th grade SMAN 7 Malang randomly to 10 students results 86%. Big group trial is done in the same class with a bigger respondent that is 23 students results 87 39%. These field trial also clarify that this based-on-webtoon historical comic is counted as valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54969

Actions (login required)

View Item View Item