Kinerja guru dalam pembelajaran sejarah pada kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantang Kabupaten Malang / Bayu Indra Permadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru dalam pembelajaran sejarah pada kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantang Kabupaten Malang / Bayu Indra Permadi

Permadi, Bayu Indra (2017) Kinerja guru dalam pembelajaran sejarah pada kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantang Kabupaten Malang / Bayu Indra Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permadi Bayu Indra. 2017. Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marsudi M. Hum. (II) Drs. Mashuri M. Hum. Kata Kunci Kinerja Guru Sejarah Malang. Kinerja guru merupakan kemampuan guru untuk mendemonstrasikan berbagai kecakapan dan kompetensi yang telah dimilikinya. Peran guru dalam pembelajaran di sekolah sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Dalam melakukan pembelajaran guru diwajibkan untuk mengupayakan dalam merancang pembelajaran melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilaian pembelajaran. Dengan uraian tersebut maka rumusan masalah yang diangkat yakni (1) bagaimana kinerja guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran sejarah pada kelas VIII SMPN 1 Ngantang (2) bagaimana kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sejarah pada kelas VIII SMPN 1 Ngantang (3) bagaimana kinerja guru dalam melakukan penilaian hasil belajar pada kelas VIII SMPN 1 Ngantang. Penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa paparan dalam bentuk foto dokumen serta tulisan dari peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan (observasi) wawancara (interview) dan dokumentasi. Dalam proses menyusun hasil penelitian peneliti menganalisa data dengan beberapa proses yaitu reduksi data (pencatatan) penyajian data dan verifikasi (kesimpulan). Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data (pengecekan data). Berdasarkan hasil analisa data diperoleh tiga kesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kinerja guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dengan membuat silabus dan RPP. Dalam menyusun rencana pembelajaran guru belum sepenuhnya mengacu pada Permendiknas No. 41 tahun 2007 Kedua masalah pelaksanaan proses pembelajaran di kelas VIII SMPN 1 Ngantang. Peran guru dalam mengendalikan proses pembelajaran belum sepenuhnya efektif. Guru cenderung melakukan ceramah penuh dan terkadang melakukan tanya jawab kepada peserta didik. Guru tidak menerapkan model-model pembelajaran dan sumber belajar yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Ketiga masalah dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik guru membuat alat penilaian berupa tes dan non-tes. Dengan adanya hasil belajar dari peserta didik guru belum didapatkan menentukan program belajar pada pertemuan pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54966

Actions (login required)

View Item View Item