Pengembangan media pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi powtoon berbasis video kelas X TGB di SMKN 1 Singosari / Conita Zuraida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi powtoon berbasis video kelas X TGB di SMKN 1 Singosari / Conita Zuraida

Zuraida, Conita (2017) Pengembangan media pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi powtoon berbasis video kelas X TGB di SMKN 1 Singosari / Conita Zuraida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zuraida Conita. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Powtoon Berbasis Video untuk Kelas X TGB 2 di SMKN 1 Singosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ismail Lutfi M.A (II) Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci R D Media Pembelajaran Aplikasi Powtoon Motivasi Belajar Pelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran yang membosankan menghafal dan membuat mengantuk. Seperti halnya pembelajaran sejarah yang ada di SMKN 1 Singosari kelas X TGB 2 yang mempunyai jam pelajaran sejarah terakhir yakni jam ke 9-10 (13.45-15.15 WIB). Sebagian besar peserta didik di kelas X TGB 2 merasa bosan dan mengantuk karena guru cenderung bercerita selama jam pelajaran sejarah. Hal yang diceritakan pun tidak terfokus ke materi tapi menyangkut ke hal lainnya yang lebih kompleks. Guru juga pernah menggunakan media pembelajaran seperti power point video dan film namun hal tersebut belum mampu membuat sebagian besar peserta didik X TGB 2 menjadi fokus dan tetap dirasa membosankan oleh peserta didik X TGB 2. Media pembelajaran yang digunakan guru terkesan monoton dan guru tetap sebagian besar menggunakan metode ceramah meskipun telah menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajarn karena proses belajar mengajar dapat dicapai dengan baik bila ditunjang oleh beberapa faktor antara lain media pembelajaran yang mampu membuat peserta didik memahami materi pelajaran. Maka dari itu peneliti membuat media pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan aplikasi Powtoon yang memiliki keunggulan di bidang animasinya. Tampilan slide dan berbagai fitur yang disediakan membuat Powtoon pantas dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah. Pengembangan media pembelajaran berbasis video dengan Aplikasi Powtoon ini untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X TGB 2 terhadap pelajaran sejarah karena pelajaran sejarah dilaksanakan di jam terkahir dan melengkapi media pembelajaran sejarah yang pernah digunakan oleh guru. Metode yang digunakan peneliti adalah mengutip dari R D Sugiyono namun hanya sampai langkah ke-9 saja yaitu (1) potensi dan masalah (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) perbaikan desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk. Hasil penelitian berupa media pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi Powtoon ini terbukti mampu memotivasi belajar peserta didik kelas X TGB 2 mengalami peningkatan 33%. Penilaian hasil motivasi terdiri dari beberapa indikator motivasi yang meliputi keaktifan semangat dan minat. Hasil validasi media dan validasi materi memperoleh presentase sebanyak 100% dan 90%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon sangat efektif dan valid. Diharapkan dengan dibuat dan dikembangkannya media pembelajaran menggunakan Aplikasi Powtoon ini dapat memberikan inspirasi pada para peneliti lain untuk mengembangkan media pembelajaran ini agar lebih inovatif dan variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54965

Actions (login required)

View Item View Item