Pemanfaatan candi Gununggangsir sebagai sumber belajar sejarah kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan / Inayatus Suffah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan candi Gununggangsir sebagai sumber belajar sejarah kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan / Inayatus Suffah

Suffah, Inayatus (2017) Pemanfaatan candi Gununggangsir sebagai sumber belajar sejarah kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan / Inayatus Suffah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suffah Inayatus. 2017. Pemanfaatan Candi Gununggangsir sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Pembimbing II Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. Kata Kunci pemanfaatan Candi Gununggangsir sumber belajar Pembelajaran sejarah dianggap membosankan karena metode pengajaran yang digunakan guru kurang tepat. Pembelajaran sejarah berbasis lingkungan melalui karyawisata ke tempat bersejarah merupakan cara untuk mengubah cara pandang siswa terhadap matapelajaran sejarah yang membosankan menjadi menyenangkan. Candi Gununggangsir dipilih sebagai obyek penelitian karena termasuk sumber daya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan memiliki letak strategis yaitu bangunan sejarah yang letaknya dekat lingkungan sekolah khususnya MA NU Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan yang jaraknya sekitar 850 m dari bangunan candi. Sekolah ini adalah sekolah berbasis Agama Islam di Kabupaten Pasuruan yang memiliki kepedulian yang tinggi terdapat bangunan sejarah Agama Hindu pada masa silam dengan cara memanfaatkan tempat bersejarah sebagai sumber belajar siswa kelas XI IPS padahal Pasuruan terkenal dengan nilai religius Agama Islam yang tinggi dan kurang peduli terhadap bangunan candi yang berlatar belakang Agama Hindu-Buddha. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan Candi Gununggangsir sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas XI IPS di MA NU Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan dan untuk menjelaskan pemanfaatan Candi Gununggangsir sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas XI IPS di MA NU Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA NU Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan guru sejarah MA NU Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan dan juru pelihara Candi Gununggangsir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dimulai dari pengumpulan data reduksi data pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian berikut ini. Pertama Candi Gununggangsir layak dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah karena Candi Gununggangsir memiliki nilai sejarah sebagai candi langgam Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan letak in-situ yang termasuk dalam peninggalan sejarah kerajaan tradisional masa Indonesia Hindu-Buddha. Fisik bangunan candi sudah baik ornamentasi candi masih bisa digunakan sesuai dengan kriteria sumber belajar dan relevansi dengan materi kelas XI IPS. Kedua proses pemanfaatan Candi Gununggangsir sebagai sumber belajar kelas XI IPS MA NU Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan. Guru mengajak siswa ke Candi Gununggangsir untuk melakukan pembelajaran dengan metode karyawisata. Kemudian guru menjelaskan informasi tentang sejarah Candi Gununggangsir secara singkat dengan mengelilingi bangunan candi. Siswa kelas XI mencatat yang dijelaskan guru bertanya mengungkapkan argumennya mengamati bentuk bangunan dan ornamen-ornamen candi dengan dibantu lembar materi dari guru serta menjawab lembar soal. Hasil observasi saat pemanfaatan Candi Gununggangsir sebagai sumber belajar sejarah kelas XI IPS MA NU Hasan Munadi Beji Kabupaten Pasuruan menunjukkan hasil yang baik dengan perolehan tingkat keberhasilan dari aspek kesiapan perhatian dan ketepatan aktivitas sebesar 75 2%. Sedangkan nilai kognitif siswa kelas XI IPS menunjukkan kriteria baik dengan tingkat keberhasilan sebesar 77 8%. ABSTRACT Suffah Inayatus. 2017. Utilization of Gununggangsir Temple as Learning Source of History of Class XI Social Science Students of Madrasah Aliyah Nadhlatul Ulama Hasan Munadi Beji Subdistrict Pasuruan Regency.Thesis Department of History Faculty of Social Science State University of Malang. Advisior I Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Advisior II Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. Keywords utilization Candi Gununggangsir learning source History learning are considered boring because teaching methods used teacher less right. History learning environmental based through work of tourism method to visited history place is the way to changes their views students history learning of boring be pleasant. Gununggangsir Temple chosen as research because it include resources that can be used as learning source and having the strategic while building history which is near the vicinity of the school especially MA NU Hasan Munadi Beji Subdistrict Pasuruan Regency which is around 850 m from building a temple. This school is Islamic school in direct of Pasuruan having high care about history building Hinduism at last time with used historical place as a learning source class XI IPS besides Pasuruan famous for religious value high Islamic and not cared of temples set back Hindu-Buddha religion. The purpose of this research is to know worthiness of Gununggangsir Temple as a learning source of history and for explaining the utilization of Gununggangsir Temple as learning source of history to class XI IPS students at MA NU Hasan Munadi Beji Subdistrict Pasuruan Regency. In this research researcher used descriptive qualitative as a research design. Subject in this research was students class XI IPS MA NU Hasan Munadi Beji Subdistrict Pasuruan Regency history teacher of MA NU Hasan Munadi Beji Subdistrict Pasuruan Regency and caretaker Gununggangsir Temple. Technique data collection was conducted by using observation interview documentation and the literature study. Data analysis started from data collection data reduction data display and verification. Checking the validity of data used technique triangulasi. The result of this research two drawing conclusions obtained the results of research as follows. Candi Gununggangsir was as source of study. Firstly Gununggangsir Temple reasonable to the learning source of history because Gununggangsir Temple has the history value as langgam Central Java and East Java with in-situ which include to relic history in traditional kingdom of Hindu-Buddha Indonesia. The physical of temple was good ornamentation of the can still used based with criteria of learning source and relevance with learning material of class XI IPS. Secondly utilization process of Gununggangsir Temple as learning source history in XI IPS of XI IPS at MA NU Hasan Munadi Beji Subdistrict Pasuruan Regency. The teacher invited students to Gununggangsir Temple to conduct the study using work of tourism method. And then teacher explained information about the history of Gununggangsir Temple briefly with looking to surrounding. A students XI IPS noted asked expressed the arguments observed architecture and ornament-ornament Gununggangsir Temple with making a summary matter from teacher as well as answered sheets matter. The result of observing Gununggangsir Temple as learning source of shows a good result with acquisition the level of success of the aspect of readiness attention and the accuracy of activity 75 2%. While value cognitive students class XI IPS students showed criteria good with the level of success 77 8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54964

Actions (login required)

View Item View Item