Pratama, Decky Andika (2017) Penerapan media sosial line dalam pembelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Boga 4 SMK Negeri 3 Malang / Decky Andika Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratama Decky Andika. 2017. Penerapan Media Sosial Line dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tata Boga 4SMK Negeri 3 Malang. Pembimbing (I) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. (II) Dr. R. Reza Hudiyanto M. Hum. Kata Kunci media sosial line pembelajaran sejarah Indonesia hasil belajar Sebagai media komunikasi massa baru media sosial telah membuat hubungan antara orang kelompok atau bahkan antara komunitas sosial lebih mudah. Media telah digunakan sebagai alat komunikasi dalam kegiatan pendidikan misalnya sebagai media guru dalam menyampaikan ide-ide mereka dan mengeksplorasi pengetahuan siswa. Menurut pengamatan sebagian besar guru masih menggunakan gaya lama belajar dan tidak membuat perbaikan atau modernisasi dalam cara belajar. Guru mengandalkan media powerpoint dalam menyajikan matapelajaran mereka. Dengan penggunaan strategi ini memperlihatkan hasil yang tidak optimal. Dengan media yang diterapkan pada siswa kelas X Tata Boga 4 SMK Negeri 3 Malang menunjukan hasil belajar siswa rendah. Disebabkan karena guru kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran dalam setiap mengajar. Tujuan penelitian ini difokuskan pada pertanyaan bagaimana meningkatkan hasil belajar pada kelas X Tata Boga 4 SMK Negeri 3 Malang dengan menggunakan media sosial linedalam pembelajaran sejarah Indonesia. Dalam penelitian ini membahas materi tentang kehidupan masyarakat pra-sejarah dan perkembangan teknologinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas model Lewin yang ditafsirkan oleh Kemmis. Dengan menggunakan model Kemmis penelitian ini mencoba untuk mendapatkan merespon dari kelas X Tata Boga 4 SMK Negeri 3 Malang sebelum dan sesudah tindakan penelitian. Oleh karena itu penggunaan media line memberikan hasil yang baik kepada siswa. Menurut analisis data yang diperoleh siswa mendapat rata skor 68 11 dengan rincian 13 siswa memperoleh rata-rata nilai di atas KKM dan 23 siswa mendapat nilai bawah KKM dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 36 1%. Hasil dari siklus pertama dengan menerapkan media line tes yang dilakukan pada akhir siklus menunjukkanadanya peningkatan dibandingkan dengan sebelum pelaksanaan media line yaitu nilai rata-rata siswa 76 39 meningkat sebesar 8 28 sedangkan persentase kentuntasan belajar sebesar 63 9% mengalami peningkatan dari sebelumnya diterapkannya media line yaitu 27 8. Pada siklus kedua menunjukkan pula peningkatan dengan nilai rata-rata 79 03 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 83 3%. Dengan hasil yang didapat siswa memperoleh ketuntasan belajar 8805 80% sehingga penggunaan media line dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan media sosial line layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah-sekolah sebagai sarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT Pratama Decky Andika. 2017.Implementation of Social Media Line in Learning of Indonesian History to Improve Learning Outcomes of The Class X Tata Boga Students 4 SMK Negeri 3 Malang. Advisor (1) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd (II) Dr. R. Reza Hudiyanto M. Hum. Keywords social media line learning of Indonesian history learning outcomes As a new mass communication media social media has made the relationship between people groups or even between social communities easier. The media has been used as a means of communication in educational activities for example as a teacher of media in conveying their ideas and explore the knowledge of students. According to the observations the majority of teachers are still using the old style of learning and not make repairs or modernization in the way of learning. Teachers rely on powerpoint in presenting their subjects. By using this strategy produces results that are not optimal. With the media are applied in class X Tata Boga 4 SMK Negeri 3 Malang showed lower student learning outcomes. Due to lack of innovative teachers in using instructional media in every teaching. This research focused on the question how to increase the outcomes learning on the X Tata Boga 4 SMK Negeri 3 Malang by using social media line in learning Indonesian History. It also discussed the material of pre-historical living and its technological achievement. This is a Classroom Action Research (CAR). The research model used is a Lewin class act that is interpreted by the Kemmis. By using Kemmis model this research tried to get respond from X Tata Boga 4 SMK Negeri 3 Malang before and after research action. Is the using of line gave good result to the student. According to the obtained data analysis students got average score 68 11 with details of 13 students scored above the KKM and 23 students scored below KKM with a percentage of 36.1% completeness study. The result from first cycle with the application line media tests conducted at the end of the cycle results in improved compared to before the implementation of online media which is an average student scores 76.39 increased by 8.28 percentage completenes while to learn of 63.9% increased than before the media diterpaknya line of 27.8. The second cycled showed also increased with an average value of 79.03 and the percentage of students learning completeness 83.3%. With the results obtained 8805 80 students gain mastery learning so that the use of online media in learning can improve student history learning outcomes.Conclusion of the study is the medium of learning to use social media line fit for use as a medium of learning in schools as a means to improve student learning outcome.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54962 |
Actions (login required)
View Item |