Pengembangan media pembelajaran sejarah "peta bajak laut" untuk meningkatkan motivasi belajar di kelas XI SMAN 1 Babadan Ponorogo / Suci Suryaning Dias - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah "peta bajak laut" untuk meningkatkan motivasi belajar di kelas XI SMAN 1 Babadan Ponorogo / Suci Suryaning Dias

Dias, Suci Suryaning (2017) Pengembangan media pembelajaran sejarah "peta bajak laut" untuk meningkatkan motivasi belajar di kelas XI SMAN 1 Babadan Ponorogo / Suci Suryaning Dias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dias Suci Suryaning. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Permainan Peta Bajak Laut untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di Kelas XI SMAN I Babadan Ponorogo. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1)Najib Juhari S.Pd. M.Hum (2) Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum. Kata kunci pengembangan permainan Peta Bajak Laut motivasi Pembelajaran sejarah memiliki cakupan materi yang cukup luas sehingga guru dituntut untuk dapat menyampaikan materi yang tercantum dalam silabus dengan waktu yang efisien. Dalam pembelajaran sejarah masih ada sebagian peserta didik yang kurang termotivasi belajar sejarah. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran sejarah. Peneliti mengembangkan media pembelajaran sejarah berupa media cetak dengan nama Peta Bajak Laut . Media ini berupa media permainan dengan pembelajaran sambl bermain peserta didik termotivas belajar sejarah. Sebab pembalajaran sejarah disampaikan dengan cara yang menyenangkan. Penelitian pengembangan media ini diterapkan pada kelas XI jurusan MIA di SMAN 1 Babadan Ponorogo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan produk berupa media pembelajaran sejarah berbasis permainan Peta Bajak Laut dengan materi proses masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa Barat di Indonesia untuk Kelas XI SMAN 1 Babadan Ponorogo. Indikator yang digunakan untuk mengetahui mengetahui efektivitas penggunaan media adalah peningkatan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan yang digunakan oleh Sugiyono. Data hasil penelitian didapatkan dari wawancara hasil angket observasi validasi media validasi materi hasil uji coba pemakaian dan hasil uji coba produk. Hasil validasi media yang dinilai oleh ahli media menadapat skor 97 5% sedangkan validasi materi yang dinilai oleh ahli materi mendapat skor 95%. Berdasarkan kriteria validitas yang dikembangkan oleh Arikunto dinyatakan bahwa media ini valid. Desain uji coba dilakukan dengan cara membandingkan penggunaan media terdahulu dalam uji coba produk dan uji coba pemakaian. Indikator yang digunakan dalam uji coba adalah peningkatan motivasi. Uji coba produk menunjukan perbedaan skor sebesar 4% hasil ini diperoleh dari penggunaan permaianan Peta Bajak Laut dalam uji coba produk sebesar 75% dan uji coba pemakaian sebesar 79%. Uji coba produk dan uji coba pemakaian menunjukan adanya peningkatan skor motivasi sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini efektif untuk digunakan. Digi Book and Reference Book and (2) the average of the self-reliance of learning a Web Programming because of the application of the PjBL learning model using Digi Book and Reference Book. This study uses Quantitative Quasi Experimental Design by giving a Posttest Only Non-Equivalent Control Group test. The subject of this research is the tenth grader students of RPL SMKN 2 Singosari. The samples being taken in the study are 64 students each class consists of 32 students. The instruments for measurement included cognitive tests psychomotor assessment sheets and observation rubrics. Moreover the researcher uses the Independent Sample T-test for testing the hypothesis. The results of the study show that there are improvements in some aspects (1) the learning outcomes because of the application of PjBL learning model using Reference Book and Digi Book and (2) the self-reliance which is influenced by PjBL learning model using Reference Book and Digi Book. Then there are differences in (1) the result of the learning in knowledge aspect with sig 0.000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54956

Actions (login required)

View Item View Item