Relief cerita bubuksah-gagang aking di Batur pendapa candi Penataran Blitar dan nilai pendidikan karakter / Dwi Nur Fuad - Repositori Universitas Negeri Malang

Relief cerita bubuksah-gagang aking di Batur pendapa candi Penataran Blitar dan nilai pendidikan karakter / Dwi Nur Fuad

Fuad, Dwi Nur (2017) Relief cerita bubuksah-gagang aking di Batur pendapa candi Penataran Blitar dan nilai pendidikan karakter / Dwi Nur Fuad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fuad Dwi Nur. 2017. Relief Cerita Bubuksah-Gagang Aking di Batur Pendapa Candi Panataran Blitar dan Nilai Pendidikan Karakter. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Deny YudoWahyudi S.Pd. M.Hum (2) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati. M.Hum. Kata kunci relief Bubuksah-Gagang Aking Candi Panataran nilai pendidikan karakter. Penelitian ini dilatari oleh adanya nilai pendidikan karakter yang terpahat pada panil relief cerita di beberapa candi yaitu relief cerita Bubuksah-Gagang Aking di batur pendapa Candi Panataran. Pemahatan relief cerita Bubuksah-Gagang Aking digunakan sebagai suatu media dalam penyampaian pesan nilai pendidikan khususnya pendidikan karakter. CeritaBubuksah-Gagang Aking merupakan salah satu cerita rakyat popular pada masa Majapahit dibuktikan dengan dipahatkannya pada bangunan suci misalnya di Candi Surowono Candi Panataran dan di Candi Gambar Wetan. Pemilihan relief Bubuksah-Gagang Aking di batur pendapa karena lengkap dalam menggambarkan cerita. Berdasarkan kelengkapannya maka Candi Panataran dipilih untuk diteliti lebih lanjut untuk menggali nilai-nilai pendidikan karakter pada relief cerita Bubuksah Gagang Aking di batur pendapa Candi Panataran. Tujuan dari penelitian adalah (1) mengetahui arti cerita relief Bubuksah-Gagang Aking di batur pendapa Candi Panataran Blitar (2) menjelaskan nilai pendidikan karakter dalam relief cerita Bubuksah-Gagang Aking di batur pendapa Candi Panataran Blitar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data tersebut yaitu dengan mengumpulkan data lapangan dan melakukan pengambilan data foto pada relief cerita Bubuksah-Gagang Aking di batur pendapa Candi Panataran. Selain itu peneliti melakukan pengumpulan data pustaka selanjutnya dianalisis dan diinterpretasi. Peneliti membandingkan antara cerita Bubuksah-Gagang Aking yang berada pada teks dan relief Bubuksah-Gagang Aking di batur pendapa Candi Panataran. Dengan melakukan perbandingan pada kedua objek tersebut diketahui adanya perbedaan dan persamaan baik di dalam teks maupun di dalam relief. Hasil penelitian ini meliputi beberapa hal berikut ini. Pertama adalah relief cerita Bubuksah-Gagang Aking merupakan cerminan tentang hubungan dua agama yang disimbolkan pendeta Buddha dan pendeta Siwa yang hidup berdampingan pada masa Majapahit serta kedua agama ini digambarkan dalam kesatuan namun keikhlasan batin manusia itu sendiri yang akan menentukan tingkat kesalehannya menuju kebenaran tertinggi. Kedua dalam relief cerita Bubuksah-Gagang Aking terdapat nilai pendidikan karakter yang dapat diambil seperti karakter religius toleransi disiplin mandiri rasa ingin tahu tanggungjawab kerjakeras bersahabat/komunikatif serta peduli sosial. Nilai pendidikan karakter dapat diterapkan dalam pendidikan maupun masyarakat umum sehingga diharapkan dapat mengembangkan moral yang baik bersifat religius bijaksana serta berpikir kritis dalam menghadapi tantangan zaman yang akan datang. ABSTRACT Fuad Dwi Nur. 2017. Bubuksah-Gagang Aking Relief in Batur Pendapa Candi Panataran Blitar and its Character Education Value. Thesis Department of History Faculty of Social Science State University of Malang. Mentor (1) Deny Yudo Wahyudi S. Pd. M.Hum (2) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati. M.Hum. Keywords Bubuksah-Gagang Aking relief Panataran Temple character education value. This research is based on the values of character education sculpted on the panels of relief stories in some temples namely relief story of Bubuksah-Gagang Aking in batur pendapa Panataran Temple. Relief engraving of Bubuksah-Gagang Aking is used as a medium of educational messages especially character education. The Bubuksah-Gagang Aking story is one ofpopular folklore in Majapahit period. Evidenced by the existence of sculptures in sacred buildings for example in Surowono Temple Panataran Temple and GambarWetan Temple. Selection of relief Bubuksah-Gagang Aking on batur pendapa because of its completeness describes the story. Because of its completeness Panataran Temple was chosen for further research to explore the values of character education on the reliefs of Bubuksah-Gagang Aking story in batur pendapa Panataran Temple. Purposes of the research is (1) to find out the meaning of story in Bubuksah-Gagang Aking relief in batur pendapa Panataran Temple Blitar (2) to explain the value of character education that exist in the relief of Bubuksah-Gagang Aking in batur pendapa Panataran Temple Blitar. Methods used to analyzed data with collection of the field and take the data photos in relief story of Bubuksah-Gagang Aking in batur pendapa Panataran Temple. In addition researchers data collection library then analyzed and interpretation. Researchers comparing between story of Bubuksah-Gagang Aking in text and relief Bubuksah-Gagang Aking in batur pendapa Panataran Temple. By comparison in both the object was known that there differences and similarities both in the text and in relief. The results of this research include the following. First the relief of the Bubuksah-Gagang Aking story is a reflection of the relationship about two religions symbolized by Buddhist priests and Shiva clergy who co-existed during the Majapahit period and two religion is described in unity but me human inner itself that will determine much of the piety to truth highest. Second in the cheerful relief of Bubuksah-Gagang Aking there are values of character education that can be taken such as religious character tolerance discipline self-reliance curiosity responsibility hard work friendly/ communicative and social care. Character education values can be applied in education and the general public so it is expected to develop morals religious wise and critical thinking in the face of the future challenges.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54955

Actions (login required)

View Item View Item