Pengembangan media e-book sejarah berbasis 3D pageflip pada materi kehidupan masyarakat Indonesia masa pendudukan Jepang di SMAN Kabuh / Anita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-book sejarah berbasis 3D pageflip pada materi kehidupan masyarakat Indonesia masa pendudukan Jepang di SMAN Kabuh / Anita Sari

Sari, Anita (2017) Pengembangan media e-book sejarah berbasis 3D pageflip pada materi kehidupan masyarakat Indonesia masa pendudukan Jepang di SMAN Kabuh / Anita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Anita. 2017. Pengembangan Media E-Book Sejarah Berbasis 3D Pageflip Pada Materi Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Pendudukan Jepang di SMAN Kabuh. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ismail Lutfi M.A. (2) Dra. Yuliati M.Hum. Kata Kunci Pembelajaran Sejarah Pengembangan Media E-book Sejarah. Pembelajaran sejarah adalah kajian ilmiah yang diajarkan di sekolah tentang manusia kesuksesan dan evolusi masyarakat beserta berbagai aspeknya. Materi sejarah akan lebih mudah dipahami siswa apabila disampaikan dengan gambar foto film dokumenter atau video animasi. Untuk itu diperlukan adanya perbaikan teknik pembelajaran yang lebih berinovasi dan lebih bermakna salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Permasalahan konkrit terjadi di SMAN Kabuh. Masalah utama yang terjadi di SMAN Kabuh adalah kurangnya pengembangan media yang inovatif serta keterbatasan buku. Ketika siswa mulai bosan dalam mengikuti pembelajaran mereka akan memilih bermain gadget. Kenyataan dan keadaan ini menjadi suatu peluang untuk mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital salah satunya adalah pengembangan e-book berbasis tiga dimensi. Pengembangan e-book merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran sejarah di SMAN Kabuh. Keuntungan jika mengembangkan e-book tiga dimensi ini adalah untuk menghadirkan media pembelajaran yang dikemas dalam buku sejarah yang lebih menarik karena dilengkapi dengan gambar audio maupun video sehingga siswa dapat belajar dengan menyenangkan. E-book sejarah juga dapat melengkapi keterbatasan buku di SMAN Kabuh. Materi yang dikembangkan adalah kehidupan sosial ekonomi dan budaya masyarakat Indonesia pada masa pendudukan Jepang. Alasan dipilihnya materi ini karena kurangnya penyajian materi tersebut di dalam buku siswa. Materi sosial ekonomi dan budaya umumnya hanya disajikan dalam satu atau dua halaman saja. Penelitian dan pengembangan menggunakan metode dari Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah kerja. Penelitian diterapkan di kelas XII IIS 3 SMAN Kabuh. Alasan dipilihnya sekolah ini karena adanya permasalahan dalam pembelajaran sejarah yakni kurangnya media pembelajaran yang inovatif serta kondisi siswa yang sering bermain HP ataupun laptop saat pembelajaran. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut hasil validasi media tahap I sebesar 67 5% dan validasi media tahap II sebesar 90% dengan kategori valid dan tidak revisi. Hasil validasi materi memperoleh nilai sebesar 91 6% dengan kategori valid dan tidak revisi. Hasil uji coba pemakaian menunjukkan bahwa hasil uji coba kelompok kecil sebesar 94 25% dengan kategori valid dan tidak revisi. Hasil uji coba kelompok besar adalah 89 53% dengan kategori valid dan tidak revisi. Hasil uji pretest sebesar 36 56% dan hasil uji postest sebesar 86 87%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54951

Actions (login required)

View Item View Item