Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup kelas XI-IIS Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang / Falidayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup kelas XI-IIS Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang / Falidayanti

Falidayanti (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup kelas XI-IIS Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang / Falidayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Falidayanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas XII-IIS Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang M.Si (II) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd Kata Kunci Inkuiri terbimbing pemahaman konsep Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah model pembelajaran inkuri terbimbing. Kelebihan dari model pembelajaran inkuri terbimbing mampu mengembangkan keaktifan pada peserta didik dan mampu menganalisis permasalahan lebih mendalam. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing disesuaikan dengan materi yang berbasis pada masalah dan menimbulkan berbagai sudut pandang pemikiran peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu(quasi exsperiment) dengan menggunakan desain Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas XI-IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IIS 2 sebagai kelas kontrol. Pengukuran pemahaman konsep menggunakan 10 soal esai yang dilakukan uji validasi. Analisis data meliputi uji normalitas homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t atau Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data dapat disimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep pada materi pelestarian lingkungan hidup. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep pada materi pelestarian lingkungan hidup kelas XI-IIS Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang. Adapun saran yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yang pertama bagi guru Geografi hendaknya menggunakan atau mencoba model pembelajaran inkuiri maupun inkuiri terbimbing perencanaan dalam pengelolaan waktu pemilihan materi yang sesuai dengan penggunaan model inkuiri terbimbing serta dilakukannya sosialisasi mengenai tahapan model inkuiri terbimbing kedapa peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54949

Actions (login required)

View Item View Item