Margareta, Inestia (2017) Penerapan model pembelajaran course review horay pada mata pelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan pemahaman materi kerajaan Islam di kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen / Inestia Margareta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Margareta Inestia. 2017.Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Pemahaman MateriKerajaan Islam Di Kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen.Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. JokoSayonoM.Pd M.Hum (2) Drs. KasimanuddinIsmainM.Pd. Kata Kunci PembelajaranSejarah Model PembelajaranCourse Review Horay PemahamanMateriKerajaan Islam Pengajaran sejarah selama ini sering dilakukan kurang optimal. Pelajaran sejarah dianggap sangat mudah dan digampangkan. Berdasarkanobservasi yang dilakukan di kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen padasaatpembelajarancenderung monoton dan hanya terpusat pada guru karena masih menggunakan model pembelajaran yang tradisional.Hal inidibuktikandenganhasilulanganmengenai pemehaman materi kerajaan Islamdi kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjenmasihbanyaksiswa yang belumtuntas.Penelitimenyimpulkanbahwapemahamanmateri kerajaan Islam di kelasinimasihrendah.Penelitimemberikansolusidenganmenggunakan model pembelajaranCourse Review Horay.Model Course Review Horaymerupakan salah satu model pembelajaran kooperatifdalam rangka pengujian terhadap pemahaman materisiswa. Rumusanmasalahdaripenelitianiniadalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay untuk siswa kelas X IIS 2 pada mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Kepanjen (2)Apakah penggunaan model pembelajaran Course Review Horaydapat meningkatkan pemahaman materi pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelas denganrincianprosedurpenelitianyaituperencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi.Penelitianiniterdiriatasduasiklus siklus I denganduapertemuandenganmateriKerajaanPalembang danKerajaanDemak dansiklus II dengan dua kali pertemuan denganmateriKerajaanMataram Islam danKerajaanBanten. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelasinisiklus I menunjukkanketuntasanklasikalsebesar 47%Rata-rata nilai pemahaman materi siswa kelas X IIS 2 sebanyak 69.2%.danpadasiklus II menunjukkanpeningkatanklasikalsebesar 88 2%Rata-rata nilai pemahaman materi kerajaan Islam siswa kelas X IIS 2 sebanyak 80%. Melaluiduasiklustersebut makadapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranCourse Review Horaymampumeningkatkanpemahamanmaterisiswakelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen.Peningkataniniditunjukkandenganpresentasinilaipemahamansiswapadasiklus I sebesar 47% danmeningkatmenjadi 88 2% padasiklus II. ABSTRACT Margareta Inesstia. 2017.Assembling of Course Review Horay s learning Model in Indonesian s History Subject To Increase Matter s Comprehension of Islam s Kingdom in 10th Grade 2ndSosial SMAN 1 Kepanjen. Thesis History Departement Fakulty of Sosial State University of Malang. Supervisors (1) Dr. JokoSayonoM.Pd M.Hum (2) Drs. KasimanuddinIsmainM.Pd. Key Word Historical Learning Course Review Horay Learning Model Matter s Comprehension of Islam s Kingdom Historical learning often be held not optimal. Historical learning ignored very easy. Based on observation be held in the class of X IIS 2 SMAN 1 Kepanjen at the history s lesson held in monotonous and just teacher center because still use traditional s learning model. That show from exam s result of matter s comprehension of Islam s kingdom in clas X IIS 2 SMAN 1 Kepanjen still many student that complete yet. Researcher conclude that matter s comprehension of Islam s kingdom in this clas belong to low. Researcher give solution with use learning model like course review horay. Course review horay isone of kind learning cooperative model for examinate student of matters s comprehension. Problem of this research are (1) How to held the history learning using Course Review Horay learning model for student at clas 10th IIS 2 in Indonesia s history matter in SMAN 1 Kepanjen (2) Which used Course Review Horay can be increase matter s comprehension in Indonesian s history matter at class 10th IIS 2 SMAN 1 Kepanjen of Malang. This research use research of class action approachment with details of research prosedure are plan action observe reflection. This research has two cycle 1st cycle with two meeting and the matter are Palembang s Kingdom and Demak s kingdom and 2nd with two meeting and the matter are Mataram s kingdom and Banten s kingdom. Based on this research of class action 1st cycle show that clasical complete is 47%. Average score of student s matter s comprehension 10th grade IIS 2 ias 69 2% and in 2nd cycle is 88 2%. Average of student s matter s comprehension of Islam s kingdom in 10th grade IIS 2 is 80%. From two cycle conclude that Course Review Horay s learning model can increase matter s comprehension of Islam s kingdom in 10th grade IIS 2 SMAN 1 Kepanjen of Malang. This increase show from persentage learning motivation at 1st cycle is 69 2% increase become 80% at 2nd cycle.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54947 |
Actions (login required)
View Item |