Perbedaan hasil belajar sejarah yang menggunakan media pembelajaran prezi engan autoplay pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang / Heni Kusdianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar sejarah yang menggunakan media pembelajaran prezi engan autoplay pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang / Heni Kusdianti

Kusdianti, Heni (2017) Perbedaan hasil belajar sejarah yang menggunakan media pembelajaran prezi engan autoplay pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang / Heni Kusdianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusdianti Heni. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Yang Menggunakan Media Pembelajaran Prezi Dengan Autoplay Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum (II) Najib Jauhari S.Pd. M.Hum Kata Kunci prezi hasil belajar autoplay mata pelajaran sejarah Media pembelajaran menjadi salah satu hal penting dalam pembelajaran sejarah yaitu sebagai sarana untuk melukiskan masa lampau. Pemilihan media pembelajaran yang tepat akan memudahkan siswa untuk merasa dekat dengan apa yang mereka pelajari. Media pembelajaran yang dapat digunakan diantaranya adalah prezi dan autoplay. Perbedaan diantara keduanya adalah berkaitan dengan tampilan dalam penyajian. Media prezi memiliki kelebihan yaitu dapat memerbesar bagian tertentu yang sedang dibahas sehingga siswa tertarik dan fokus untuk memperhatikan sub materi yang diperbesar. Sedangkan media autoplay dapat memotivasi siswa untuk belajar sejarah dengan adanya efek-efek animasi dan suara dengan tampilan yang bervariasi. Seharusnya semakin baik tampilan media yang disajikan maka akan diikuti dengan hasil belajar yang baik pula. Untuk itulah perlu dilakukan pengukuran perbedaan hasil belajar siswa sehingga diketahui mana yang lebih baik diantara keduanya. Masalah yang dirumuskan pada penelitian ini adalah pertama bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran prezi. Kedua bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran autoplay. Ketiga bagaimana perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran prezi dengan autoplay. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Malang pada semester genap tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X RPL. Sampel diperoleh berdasarkan nilai rata-rata kelas hasil UAS semester ganjil 2016/2017. Nilai kedua kelas tersebut harus setara. Sehingga diperoleh kelas X RPL 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X RPL 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP sedangkan instrumen pengukuran berupa test hasil belajar (pretest dan posttest). Analisis statistik yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data diketahui bahwa perolehan data hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82 29 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 75 50 dengan thitung (4 255) lebih besar daripada ttabel (1 671). Berdasarkan anlisis data diambil kesimpulan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Merujuk hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran prezi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran autoplay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54946

Actions (login required)

View Item View Item