Khassanah, Miftakhul (2017) Pengembangan media pembelajaran kalender sejarah (Kasa) bermuatan wawasan kebangsaan pokok bahasan Pergerakan Nasional Indonesia / Miftakhul Khassanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khassanah Miftakhul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kalender Sejarah (KASA) Bermuatan Wawasan Kebangsaan Pokok Bahasan Pergerakan Nasional Indonesia. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum (II) Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum Kata Kunci media pembelajaran sejarah Kalender Sejarah Wawasan Kebangsaan Pembelajaran sejarah yang ideal adalah pembelajaran yang mengajarkan pemaknaan terhadap peristiwa sejarah tanpa melupakan aspek waktu dan fakta peristiwa. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan peserta didik mengalami kesulitan mengingat aspek waktu fakta peristiwa dan memaknai peristiwa. Kalender memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran sejarah yang mampu menginformasikan aspek waktu fakta peristiwa dan makna peristiwa. Minimnya pengetahuan tentang fakta dan makna peristiwa sejarah dapat mengakibatkan minim pula Wawasan Kebangsaan. Padahal pembelajaran sejarah menekankan pentingnya pengajaran Wawasan Kebangsaan. Materi Pergerakan Nasional Indonesia merupakan bentuk Wawasan Kebangsaan yang ampuh dan totalitas serta berpotensi mengajarkan Wawasan Kebangsaan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan menguji efektifitas produk media pembelajaran Kalender Sejarah (KASA) bermuatan Wawasan Kebangsaan pokok bahasan Pergerakan Nasional Indonesia. Selain itu tes hasil belajar tentang pengetahuan Wawasan Kebangsaan pada pokok bahasan Pergerakan Nasional Indonesia juga digunakan untuk memastikan efektifitas media dalam konteks materi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur atau langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produksi akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media angket respon peserta didik dan tes. Produk penelitian dan pengembangan ini berupa media Kalender Sejarah. Konten-konten yang terdapat dalam media Kalender Sejarah meliputi konten lembar kalender seputar materi kotak kronologi dan buku deskripsi peristiwa sejarah. Produk pengembangan juga dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan media Kalender Sejarah efektif baik secara rasional maupun dalam uji lapangan. Konteks materi dalam media Kalender Sejarah juga menunjukkan efektif meningkatkan pengetahuan tentang Wawasan Kebangsaan pada pokok bahasan Pergerakan Nasional Indonesia sebesar 43 40. Berdasarkan hasil penelitian saran pemanfaatan media Kalender Sejarah dalam pembelajaran sebaiknya guru terlebih dahulu mempelajari petunjuk dan materi yang terkandung dalam media Kalender Sejarah. Potensi Kalender Sejarah tidak hanya terbatas pada materi Pergerakan Nasional Indonesia saja melainkan dapat juga dikembangkan pada materi sejarah yang lain. Selain itu media Kalender Sejarah juga dapat dikembangkan dalam bentuk aplikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54945 |
Actions (login required)
View Item |