Pengembangan Atlas Sejarah Nusantara (ASTARA) berbasis android untuk menunjang pemahaman konsep ruang dalam matapelajaran sejarah Indonesia materi islamisasi dan silang budaya di nusantara siswa kelas X Sekolah Menengah Atas / Yenni Eria Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Atlas Sejarah Nusantara (ASTARA) berbasis android untuk menunjang pemahaman konsep ruang dalam matapelajaran sejarah Indonesia materi islamisasi dan silang budaya di nusantara siswa kelas X Sekolah Menengah Atas / Yenni Eria Ningsih

Ningsih, Yenni Eria (2017) Pengembangan Atlas Sejarah Nusantara (ASTARA) berbasis android untuk menunjang pemahaman konsep ruang dalam matapelajaran sejarah Indonesia materi islamisasi dan silang budaya di nusantara siswa kelas X Sekolah Menengah Atas / Yenni Eria Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningsih Yenni Eria. 2017. Pengembangan Atlas Sejarah Nusantara (ASTARA) Berbasis Android untuk Menunjang Pemahaman Konsep Ruang dalam Matapelajaran Sejarah Indonesia Materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Atlas sumber belajar ruang Sejarah Indonesia Islamisasi. Pengembangan Atlas Sejarah Nusantara (ASTARA) berbasis android untuk menunjang pemahaman konsep ruang dalam matapelajaran Sejarah Indonesia materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas dilatarbelakangi oleh temuan masalah kurangnya sumber belajar dan rendahnya pemahaman konsep ruang siswa. Kurangnya sumber belajar yang dimiliki siswa membuat pemahaman konsep ruang siswa menjadi rendah. Sumber belajar audio-visual dapat membantu siswa mempelajari konsep utama dalam Sejarah yaitu manusia ruang dan waktu. Atlas sejarah dibutuhkan siswa untuk mencari informasi ruang terkait materi yang dipelajarinya yang terkadang tidak tersedia di buku paket maupun lembar kerja siswa. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki masalah kurangnya sumber belajar. Smartphone android yang banyak dimiliki siswa mempunyai potensi besar untuk dijadikan sebagai alat pengembangan sumber belajar.Atlas Sejarah Nusantara (ASTARA) berbasis Android dikembangkan sebagai sumber belajar Audio-Visual untuk menunjang pemahaman konsep ruang dalam matapelajaran Sejarah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan produk Atlas Sejarah Nusantara (ASTARA) berbasis android untuk menunjang pemahaman konsep ruang dalam matapelajaran Sejarah Indonesia materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas (2) menguji efektivitas produk Atlas Sejarah Nusantara (ASTARA) berbasis android untuk menunjang pemahaman konsep ruang dalam matapelajaran Sejarah Indonesia materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukanlah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg dan Gall. Terdapat sembilan tahapan dalam model pengembangan ini yaitu tahap menganalisis potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk (I) uji coba pemakaian revisi produk (II). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 92 5% sedangkan hasil validasi dari ahli media menunjukkan persentase sebesar 97 5%. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media termasuk ke dalam kategori valid tanpa revisi. Uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 10 siswa kelas X menunjukkan persentase sebesar 89 75% sedangkan uji coba kelompok besar yang dilakukan kepada kelas X IPA 1 menunjukkan persentase sebesar 86 8%. Hasil kedua uji coba tersebut termasuk dalam kategori valid tanpa revisi. Terdapat beberapa saran dari ahli materi ahli media dan siswa yang harus diperbaiki oleh peneliti. Peneliti melakukan revisi produk sesuai saran yang telah diberikan kepada peneliti untuk penyempurnaan produk. Kelebihan produk yaitu (1) ASTARA mudah diakses karena bersifat offline (2) ASTARA dapat digunakan secara mandiri oleh siswa (3) ASTARA mudah dioperasikan dan disertai dengan buku petunjuk pemanfaatan produk (4) pembelajaran menggunakan ASTARA dapat menunjang pemahaman konsep ruang siswa (5) pembelajaran menggunakan ASTARA dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan (6) ASTARA merupakan sumber belajar alternatif selain buku paket dan LKS. Kekurangan ASTARA ini yaitu ukuran file sebesar 87 MB mengakibatkan proses penggunaan ASTARA tidak prima. ABSTRACT Ningsih Yenni Eria. 2017. The Development of Nusantara History Atlas (ASTARA) Based on Android to Support Understanding of Spatial Concept in The Subject of Indonesian History on The Materials of Islamization and Cross Culture in Nusantara for Grade X Student of Senior High School. Thesis Department of History Faculty of Social Sciences State University of Malang. Supervisor (I) Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Keywords Atlas learning source spatial Indonesian history Islamitation. The Development of Nusantara History Atlas (ASTARA) Based on Android to Support Students Understanding of Spatial Concept in The Subject of Indonesian History Content Islamitation and Cross Culture in Nusantara Grade X Senior High School backed by the findings of the problem were a little of learning sources and a low of students understanding of spatial concept. A little of learning source that owned by student make student s understanding of spatial concept getting low. Audio-visual learning source can help learning the main concepts in history such as human space and time. History atlas is needed by students to find spatial information concerning the material studied which sometimes are not available in students s textbooks or worksheets. The newest technology can be used to fix a little number of learning source. Smartphone android that mostly owned by students have big potential to set as a learning source development tool. Nusantara History Atlas (ASTARA) based on Android was developed as an Audio-Visual learning source to support the understanding of spatial concept in the subject of Indonesian History. This study aims to (1) develop and produce productNusantara History Atlas (ASTARA) based on android to support understanding of spatial concept in the subject of Indonesian History on the materials of Islamization and Cross Culture in Nusantara for Grade X Student of Senior High School (2) to test the effectiveness of the product Nusantara History Atlas (ASTARA) based on android to support understanding of spatial concept in the subject of Indonesian History on the materials of Islamization and Cross Culture in Nusantara for Grade X Student of Senior High School. To achieve these objectives conducted this research development refers to the Borg and Gall s model. There are ten stages in the development model namely the stage of analyzing the potential and problems data collection product design design validation design revisions product trials revision of the product (I) utility testing product revision (II). Results obtained from this research is the validation results matter experts showed a percentage of 92.5% while the results of the validation of media experts shows a percentage of 97.5%. The results of the validation of subject matter experts and media specialists fall into the category valid without revision. Small group trial conducted for 10 students of grade X represents a percentage of 89.75% while the large group trial conducted for class X IPA 1 shows the percentage of 86.8%. The results of both trials are included in the category of valid without revision. There are some suggestions from subject matter experts media experts and students should be corrected by researcher. Researcher conducted a revision of the product on the advice that has been given to researcher to improve product. The advantages of product are (1) ASTARA easily accessible because it is offline (2) ASTARA can be used independently by students (3) ASTARA easy to operate and come with instructions product use (4) learn using ASTARA can support the understanding of the concept of a student lounge (5) learn using ASTARA can enhance students s thinking skills and (6) ASTARA is an alternative learning resource other than textbooks and worksheets. Disadvantage of ASTARA is a file size of 87 MB resulting in the use of ASTARA not prime.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54944

Actions (login required)

View Item View Item