Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMAN I Bululawang / Rachel Nayunda P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMAN I Bululawang / Rachel Nayunda P.

Nayunda P., Rachel (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMAN I Bululawang / Rachel Nayunda P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nayunda Rachel. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning UntukmeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas XI SMAN I Bululawang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd (II) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Kata kunci Problem Based Learning HasilBelajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran Sejarahpokok bahasan PerangMelawanKolonialisme. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMAN I Bululawangdandilatarbelakangi keadaan 33 siswa yang kurang menunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM 75 karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase yaitu stimulus/pemberian rangsangan pernyataan/identifikasi masalah pengumpulan data pengolahan data pembuktian menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian diskusi dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 66 6 dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 80 0. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarahpokok bahasan PerangMelawanKolonialiasme di kelas XI IPA 3 SMAN I Bululawang. Dengan demikian penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Sejarah dengan pokok bahasan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54943

Actions (login required)

View Item View Item