Penggunaan media pembelajaran berbasis prezi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IIS 3 SMAN 2 Malang / Meiyantika Kustiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran berbasis prezi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IIS 3 SMAN 2 Malang / Meiyantika Kustiana

Kustiana, Meiyantika (2017) Penggunaan media pembelajaran berbasis prezi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IIS 3 SMAN 2 Malang / Meiyantika Kustiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kustiana Meiyantika. 2016. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IIS 3 SMAN 2 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Najib Jauhari S Pd. M Hum. (II) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. Kata Kunci media pembelajaran Prezi minat belajar matapelajaran sejarah Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Malang masih menggunakan media power point. Berkurangnya minat belajar siswa terutama di kelas XI IPS 3 dikarenakan mengalami kebosanan. Media pembelajaran yang digunakan guru dirasakan siswa tidak mampu menumbuhkan rasa semangat didalam mengikuti pembelajaran sejarah. Sehingga perlu adanya peran media yang inovatif dapat membantu dalam meningkatkan minat belajar sejarah itu sendiri. Salah satu usaha yang dapat mengatasi permasalahan pada siswa Kelas XI IIS 3 di SMAN 2 tersebut ialah melalui penggunaan media pembelajaran berbasis Prezi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis Prezi pada matapelajaran sejarah di kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Malang. Mendeskripsikan minat belajar siswa pada matapelajaran sejarah di Kelas XI IIS 3 SMAN 2 Malang melalui media pembelajaran berbasis Prezi.Jenis penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan kolaborasi pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi lapangan wawancara angket dan dokumentasi. Penentuan taraf keberhasilan tindakan diperoleh dari pedoman hasil angket minat belajar siswa. Hasil dari penelitian ini proses pembelajaran sejarah dengan media pembelajaran berbasis Prezi dapat berjalan dengan baik. Penggunaan media pembelajaran berbasis Prezi dapat meningkatkan minat belajar siswa matapelajaran sejarahdi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Malang.Berdasarkan hasil kuisioner dengan indikator minat siswa yaitu kesukaan ketertarikan perhatian dan keterlibatan. Pada siklus 1 kuisioner angket minat belajar siswa mencapai 71 55% sedangkan untuk siklus 2 kuisioner angket minat belajar siswa mencapai 82 00%. Tingkat keberhasilannya sesuai dengan tabel klasifikasi minat belajar siswa dari cukup berminat menjadi berminat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Malang. Saran yang dapat diberikan kepadaguru pengajar diharapkan tetap menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi dalam proses pembelajaran. Guru pengajar tidak berhenti melakukan inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang baru dengan tujuan menghindarkan siswa dari kejenuhan maupun rasa tidak semangat dalam proses belajar. Siswa diharapkan mampu lebih antusias dan terlibat pada saat pembelajaran berlangsung untuk meningkatnya minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54940

Actions (login required)

View Item View Item