Hidayati, Apriliya Laeli (2017) Penerapan media flash card untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIA 7 dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kepanjen / Apriliya Laeli Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayati Apriliya Laeli. 2016. Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA 7 dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yuliati M.Hum (2) Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum Kata Kunci Pembelajaran Sejarah Media Flash Card Motivasi belajar siswa Sejauh ini proses pembelajaran sejarah merupakan kegiatan pembelajaran yang kurang menarik karena disajikan secara klasikal yakni menghafal atau sebagai pelajaran hafalan sehingga suasana menjadi sangat monoton. Berdasarkan keterangan dari guru sejarah SMAN 1 Kepanjen yaitu bapak Budi Hartono serta hasil observasi peneliti kelas X MIA 7 merupakan kelas yang bermasalah dalam pembelajaran sejarah. Banyak dari siswa yang malas dan tidak antusias saat pembelajaran berlangsung seperti bermain handphone berbicara dengan temannya sendiri berbicara yang tidak seharusnya menggambar dan mengantuk. Perilaku siswa yang menunjukkan sikap tersebut maka peneliti simpulkan bahwa kelas X MIA 7 memiliki motivasi yang kurang. Hal tersebut terbukti bedasarkan hasil observasi pra tindakan yang dilakukan peneliti bahwa kelas X MIA 7 memiliki motivasi yang rendah bila dibandingkan dengan kelas lain.Peneliti memberikan solusi dengan menggunakan media pembelajaran flash card. Flash card merupakan kartu cepat yang digunakan untuk membantu siswa dalam mengingat suatu peristiwa melalui clue atau pernyataan singkat. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu (1) ingin meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XMIA 7 SMAN 1 Kepanjen terhadap pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran flash card.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah-langkah yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas diketahui bahwa presentase motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 68 48% dengan rincian presentase aspek minat 70 29% perhatian 71 81% konsentrasi 68 95% dan ketekunan 62 86%. Motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 80 29%dengan rincian presentase aspek minat82 86% perhatian84 57% konsentrasi 81 90% dan ketekunan71 81%. Melalui tahap dua siklus tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash card mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIA 7 SMAN 1 Kepanjen. Peningkatan ini ditunjukkan dengan presentase motivasi belajar pada siklus I sebesar 68 48% meningkat menjadi 80 29% pada siklus II. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dengan adanya keterbatasan waktu dalam penelitian ini maka perlu dilakukan penelitian lebih mendalam pada penggunaan media flash card mengenai motivasi siswa. Selain motivasi peneliti selanjutnya juga disarankan untuk dapat melakukan penelitian mengenai hasil belajar siswa melalui media flash card.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54935 |
Actions (login required)
View Item |