Perkembangan Wushu di Kota Malang dan muatan edukasinya (1995-2015) / Variz Wahyu Dwiputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan Wushu di Kota Malang dan muatan edukasinya (1995-2015) / Variz Wahyu Dwiputra

Dwiputra, Variz Wahyu (2017) Perkembangan Wushu di Kota Malang dan muatan edukasinya (1995-2015) / Variz Wahyu Dwiputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwiputra Variz Wahyu. 2016. Perkembangan Wushu di Kota Malang dan Muatan Edukasinya (1995-2015). Skripsi Jurusan Sejarah Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Reza Hudiyanto S.S. M.Hum. (II) Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci Perkembangan Wushu Organisasi Wushu Indonesia di Kota Malang Pendidikan. Salah satu olahraga bela diri internasional yang mulai banyak membawa prestasi bagi Bangsa Indonesia adalah wushu. Berbagai macam prestasi muncul dari para atlet Wushu Indonesia salah satunya atlet wushu yang berasal dari Kota Malang. Berdasarkan pengamatan tehadap perkembangan wushu di Kota Malang yang mulai mengalami peningkatan baik dari prestasi ataupun organisasi maka rumusan masalah yang diangkat yakni (1) bagaimana latar belakang berdirinya Organisasi Wushu di Kota Malang (2) apa karakteristik yang dimiliki Organisasi Wushu Kota Malang (3) bagaimana perkembangan Organisasi Wushu Indonesia Pengurus Kota Malang dari tahun 1995-2015 serta muatan edukasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah penelitian adalah sebagai berikut pemilihan topik heuristik verifikasi (kritik sumber) interpretasi dan yang terakhir adalah historiografi. Selanjutnya untuk melengkapi sumber data yang kurang adalah dengan menggunakan teknik wawancara atau lisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) berdirinya Organisasi Wushu Indonesia di Kota Malang adalah sebagai wadah bagi para pecinta olahraga wushu di Kota Malang 2) mengangkat motto Semangat Persaudaraan Organisasi Wushu Indonesia Pengurus Kota Malang memiliki kelebihan tersendiri dalam memperkenalkan wushu di masyarakat yakni dengan mengkolaborasikan antara wushu dengan kebudayaan Tiongkok lainnya ataupun wushu dengan bela diri tradisional Indonesia 3) Organisasi Wushu Indonesia Pengurus Kota Malang mengalami berbagai dinamika dalam proses perkembangannya yang terbagi dalam 3 periode yakni tahun 1995-2002 ketika organisasi berada dalam bayang-bayang masa Orde Baru tahun 2003-2007 yang ditandai dengan pergantian pemimpin organisasi dari Eko Handoko pada Hariadi dan tahun 2008-2015 yang merupakan periode pembaharuan dan pengembangan organisasi. Perkembangan Organisasi Wushu Indonesia Kota Malang dari tahun 1995-2015 ini memiliki 3 poin penting dalam bidang pendidikan. Pertama bagi pembentukan karakter seseorang yang tercermin dalam metode-metode latihan yang diterapkan. Kedua dalam menambah wawasan intelektual tentang wushu di mana wushu merupakan ajaran yang menganut teori ajaran Konfusianisme yang memuat tentang ajaran cinta kasih keadilan dan kesusilaan. Ketiga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah yakni dapat dikaitkan dengan materi tentang kebijakan pemerintah pada Masa Orde Baru hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54932

Actions (login required)

View Item View Item