Penerapan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada peserta didik di SMAN 1 Sumberrejo / Moch Ziyan Farodis - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada peserta didik di SMAN 1 Sumberrejo / Moch Ziyan Farodis

Farodis, Moch Ziyan (2017) Penerapan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada peserta didik di SMAN 1 Sumberrejo / Moch Ziyan Farodis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farodis Moch Ziyan. 2016. Penerapan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik di SMAN 1 Sumberrejo. Skripsi jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mashuri M.Hum (2) Drs. I Wayan Legawa M.Si Kata Kunci Pendidikan Karakter Nilai Karakter PembelajaranSejarah PerilakuPesertaDidik. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang menanamkan nilai-nilai moral kemanusiaan dan adat istiadat dalam dunia pendidikan. Pendidikan karakter di sekolah diwujudkan melalui pembelajaran kelas. Pembelajaran sejarah sebagai mata pelajaran yang berhubungan dengan masa lampau bertujuan untuk menggugah dan meningkatakan pendidikan karakter melalui materi pembelajarannya. Pembelajaran sejarah mengusung nilai pendidikan karakter yaitu sikap-sikap nasionalisme cinta tanah air disiplin peduli sosial bertanggung jawab. Nilai pendidikan karakter tersebut terkandung dalam materi pembelajaran sejarah. Adanya peningkatan pendidikan karakter di sekolah guna meningkatkan pendidikan bangsa yang semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Sumberrejo dan menganalisis tentang dampak dari pendidikan karakter pada perilaku peserta didik di SMAN 1 Sumberrejo Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara mengembangkan hasil temuan yang diperoleh di lapangan guna menemukan rumusan masalah yang dicapai. Lokasi penelitian di SMAN 1 Sumberrejo dengan informan sebagai sumber penelitian yaitu Kepala Sekolah Waka Kurikulum Guru Sejarah dan Peserta Didik. Prosedur penelitian kualitatif ini adalah pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumen. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode guna memperoleh kesimpulan penelitian. Tahap-tahap penelitian kualitatif ini ada empat tahap yaitu pra-lapangan tahap pekerjaan lapangan tahap analisis data dan penulisan laporan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian yaitu perrtama menunjukkan bahwa guru sejarah di SMAN 1 Sumberrejo mengintergrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran melalui perencanaan dan pelaksanaan. Nilai-nilai yang muncul dalam pembelajaran sejarah adalah sikap nasionalisme cinta tanah air disiplin peduli sosial dan bertanggung jawab. Nilai tersebut terkandung dalam perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru sejarah SMAN 1 Sumberrejo dengan perencanaan tersebut guru sejarah mengimplementasikannya melalui pelaksanaan pembelajaran di kelas. Guru sejarah di SMAN 1 Sumberrejo mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter melalui materi yang disampaikan peserta didik dengan cara tersirat. Kedua dampak dari pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah yang diwujudkan pada perilaku peserta didik adalah peserta didik menjadi lebih baik mempunyai sikap nasionalisme yang tinggi rasa cinta tanah air disiplin dalam pembelajaran bertanggung jawab. Dampak yang ditimbulkan adanya pendidikan karakter bukan semata-mata untuk dilaksanakan di sekolah tetapi juga bertujuan agar peserta didik menjadi lebih baik di luar sekolah di masyarakat maupun di lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54930

Actions (login required)

View Item View Item