Permana, Alin Wiyudha (2017) Perkembangan Bus Kota Damri di Surabaya tahun 1975 - 1989 dan nilai pendidikannya / Alin Wiyudha Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Permana AlinWiyudha. 2016. Perkembangan Bus Kota DAMRI di Surabaya Tahun 1975-1989 danNilaiPendidikannya. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. DewaAgungGedheAgung M.Hum. (II) Dra. Yuliati M.Hum Kata Kunci Transportasi bus DAMRI Surabaya Nilai Edukasi. Transportasimerupakansalahsatubentuksaranaperhubungan yang pentingdalamkehidupanmanusia.Kebutuhanakantransportasi yang memadahidanlayakakanterusmeningkatseiringdenganperkembanganzamandanragamkebutuhanitusendiri. Perkembanganangkutanumum di kota Surabaya dimulaipadazamankolonialdanberkembanghinggatahun 1989. Padatahun 1975 muncul bus kota DAMRI di Surabaya yang bekerjasamadenganpemerintahkota Surabaya. Perkembangantransportasi di kota Surabaya sangatmenarikuntukdibahasfokuspadapembahasantentangperkembangan bus kota DAMRI di kota Surabaya. Dari latarbelakangdi atasrumusanmasalahnyaadalah Bagaimanakahsejarah bus kota DAMRI di Surabaya (2) Bagaimanakahperkembangan bus kota DAMRI di Surabaya 1975-1989 (3) Apakahdampaksosial-ekonomiberdirinya bus kota DAMRI di Surabaya dannilaipendidikannya Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiansejarahmeliputipemilihan topic heuristik (pengumpulansumber) verifikasi (kritiksumber) meliputikritik intern dankritikekstern interpretasi danhistoriografi. Hasil yang diperolehdaripenelitianiniadalahpadatahun 1975 pemerintahkota Surabaya bekerjasamadengan PERUM DAMRI meluncurkan bus kotapadatahun 1975. Awalpeluncurannyahanyamemiliki 3 trayekdandilayanioleh 20 armada bus kota. Tahun 1976 bertambah 50 bus dan 1978 menjadi 92 bus.PerbaikankinerjadilakukanDAMRI untukmemenuhipermintaanmasyarakat.Padatahun 1982 DAMRI meluncurkan bus tingkatdanpatas.Padatahun 1989 bus tingkatberhentiberoperasi di Surabaya dantrayeknyadigantidengan bus biasa. Rute bus kota yang padaawalpeluncurannyahanya 3 trayekkemudianbertambah. Tahun 1981 meluncurkan 5 trayek bus tingkat.Padatahun 1982 bertambahlagidengan 2 trayek bus tingkatbarudan 1 trayek bus patas.Kemudiantahun 1983 DAMRI kembalimeluncurkan 3 jalurtrayekbaru.Hargakarcis bus kotaseringjugaberubah-ubahkarenamelonjaknyahargabahanbakarminyak. Responmasyarakatterhadapadanya bus kotajugabervariasi. Ada yang setujuada pula yang tidaksetuju.Masyarakat yang setujumengatakanrutenyabisamelewatitengahkotadandayaangkutnyabesar sedangkanmasyarakat yang tidaksetujulebihmengoptimalkanbemo. Bus kota DAMRI memonopolitransportasi di kotaSurabaya. Akibatnyasopirbemomengadakan demo karenatrayeknyadigantikanoleh bus kota. Bemolyn A yang beroperasilewatjalurtengahdihapusdanjugadilakukanpenertibandengancarapelaranganbemodanbecakberoperasi di tengahkota.Nilaipendidikan yang terkandungdalampenelitianiniadalahpendidikankarakter.Nilaipendidikankaraktertersebutadalahjujur toleransi mandiri tanggungjawab kerjakerasdandisiplin.Bagipenelitiselanjutnya yang tertarikmengkajitentangsejarahtransportasi dapatmengkajiaspek lain yang berkaitandenganperkembanganbus kota DAMRI di kota Surabaya baikdariperkembangansistemtransportasinyamaupunperkembangansaranadanprasarana yang mendukung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54927 |
Actions (login required)
View Item |