Upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS dengan memanfaatkan flip book sebagai sumber belajar sejarah di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo / Achmad Akbar Holis - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS dengan memanfaatkan flip book sebagai sumber belajar sejarah di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo / Achmad Akbar Holis

Holis, Achmad Akbar (2017) Upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS dengan memanfaatkan flip book sebagai sumber belajar sejarah di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo / Achmad Akbar Holis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Achmad Akbar Holis. 2016. UpayaMeningkatkanMinatBelajarSiswaKelas XI IPS denganMemanfaatkanFlip BooksebagaiSumberBelajarSejarah di Madrasah AliyahZainulHasan 1 GenggongProbolinggo. Skripsi.JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari SaptoM.Hum (II) NajibJuhariS.PdM.Hum. Kata Kunci PemanfaatanFlip Book MinatBelajar PembelajaranSejarah. Pembelajaransejarahseringkalidianggapsebagaipembelajaran yang membosankanolehpesertadidik karena guru lebihdominanmenyampaikanmaterisedangkanpesertadidikhanyamendengarkansaja. Faktorpenyebablainnyaadalahkurangnyainovasibarudalampembelajaransejarah. Dalamkaitannyadengankondisitersebut pemanfaatansebuahFlip Bookdiharapkandapatmenjadialternatifpadapembelajaransejarah. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenjelaskan (1) pemanfaatanFlip Booksebagaisumberbelajarsejarah (2) pemanfaatanFlip Bookuntukmeningkatkanminatbelajarsiswakelas XI IPS I padamatapelajaransejarah di Madrasah AliyahZainulHasan I GenggongProbolinggo. PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas (PTK) denganpendekatankuantitatif.Pengumpulan data dilakukandenganteknikpengamatan (observasi) wawancaradankuesioner (angket). Instrumen yang digunakandalammengumpulkan data melaluipedomanwawancara kuesioner (angket) lembarcatatanlapangandandokumentasi.Analisis data dilakukanmelaluitigatahapyaitumeliputireduksi data penyajian data dankesimpulan. Evaluasidilakukanuntukmengetahuikeefektifantindakandankemudianhasildarievaluasiakandigunakansebagaibahanrefleksi yang dimaksudkanupayauntukmengkaji proses. PenentuantarafkeberhasilanminatbelajardilakukanmelaluihasilkuesionersetelahpenerapanFlip Book danpesertadidikdikatakanberminatjikahasilpersentasekeberhasilantindakan yang dicapaidiatas 65%. Hasilpenelitianmenunjukkan (1) pemanfataanFlip Booksangatefektifuntukdigunakansebagaisumberbelajarsejarah halinidapatdilihatpadasaat proses kegiatanbelajarberlangsung bahwapesertadidiksangatberminatmengikutikegiatanpembelajaransejarah. Flip Bookjugamemberikaninovasibarudalampembelajaransejarah (2) adanyapeningkatanminatbelajardarisiklus I (64 18%) (KurangBerminat) kesiklus II (82 75%) (Berminat) yaitusebesar (18 57%). UntukmenyempurnakanpemanfaatanFlip Book penelitimemberikan saran yaitupemanfaatanFlip BookdapatdigunakansebagaialternatifuntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidikpadapembelajaransejarahataupunpadapembelajaranlainnyadanpemanfaatanFlip Book bisaterusdikembangkansesuaidenganversiterbaru agar tampilan Flip Bookmenjadilebihmenariksertalebihmudahdigunakanuntukpembelajaransejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54924

Actions (login required)

View Item View Item