Holis, Achmad Akbar (2017) Upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS dengan memanfaatkan flip book sebagai sumber belajar sejarah di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo / Achmad Akbar Holis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Achmad Akbar Holis. 2016. UpayaMeningkatkanMinatBelajarSiswaKelas XI IPS denganMemanfaatkanFlip BooksebagaiSumberBelajarSejarah di Madrasah AliyahZainulHasan 1 GenggongProbolinggo. Skripsi.JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari SaptoM.Hum (II) NajibJuhariS.PdM.Hum. Kata Kunci PemanfaatanFlip Book MinatBelajar PembelajaranSejarah. Pembelajaransejarahseringkalidianggapsebagaipembelajaran yang membosankanolehpesertadidik karena guru lebihdominanmenyampaikanmaterisedangkanpesertadidikhanyamendengarkansaja. Faktorpenyebablainnyaadalahkurangnyainovasibarudalampembelajaransejarah. Dalamkaitannyadengankondisitersebut pemanfaatansebuahFlip Bookdiharapkandapatmenjadialternatifpadapembelajaransejarah. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenjelaskan (1) pemanfaatanFlip Booksebagaisumberbelajarsejarah (2) pemanfaatanFlip Bookuntukmeningkatkanminatbelajarsiswakelas XI IPS I padamatapelajaransejarah di Madrasah AliyahZainulHasan I GenggongProbolinggo. PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas (PTK) denganpendekatankuantitatif.Pengumpulan data dilakukandenganteknikpengamatan (observasi) wawancaradankuesioner (angket). Instrumen yang digunakandalammengumpulkan data melaluipedomanwawancara kuesioner (angket) lembarcatatanlapangandandokumentasi.Analisis data dilakukanmelaluitigatahapyaitumeliputireduksi data penyajian data dankesimpulan. Evaluasidilakukanuntukmengetahuikeefektifantindakandankemudianhasildarievaluasiakandigunakansebagaibahanrefleksi yang dimaksudkanupayauntukmengkaji proses. PenentuantarafkeberhasilanminatbelajardilakukanmelaluihasilkuesionersetelahpenerapanFlip Book danpesertadidikdikatakanberminatjikahasilpersentasekeberhasilantindakan yang dicapaidiatas 65%. Hasilpenelitianmenunjukkan (1) pemanfataanFlip Booksangatefektifuntukdigunakansebagaisumberbelajarsejarah halinidapatdilihatpadasaat proses kegiatanbelajarberlangsung bahwapesertadidiksangatberminatmengikutikegiatanpembelajaransejarah. Flip Bookjugamemberikaninovasibarudalampembelajaransejarah (2) adanyapeningkatanminatbelajardarisiklus I (64 18%) (KurangBerminat) kesiklus II (82 75%) (Berminat) yaitusebesar (18 57%). UntukmenyempurnakanpemanfaatanFlip Book penelitimemberikan saran yaitupemanfaatanFlip BookdapatdigunakansebagaialternatifuntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidikpadapembelajaransejarahataupunpadapembelajaranlainnyadanpemanfaatanFlip Book bisaterusdikembangkansesuaidenganversiterbaru agar tampilan Flip Bookmenjadilebihmenariksertalebihmudahdigunakanuntukpembelajaransejarah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54924 |
Actions (login required)
View Item |