Al Alaz, Nenin (2016) Peningkatan keaktifan siswa dalam belajar sejarah melalui menerapan pembelajaran balik (reciprocal teaching) kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Batu / Nenin Al Alaz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Al Alaz Nenin. 2016. Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Belajar Sejarah Melalui Penerapan Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Batu. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. (II) Drs. I Wayan Legawa M.Si. Kata Kunci Keaktifan Belajar Sejarah Penerapan Reciprocal Teaching. Belajar sejarah adalah belajar tentang masa lalu yang sering disebut sebagai motor kemajuan sebuah bangsa. Pelajaran sejarah yang sering dianggap membosankan untuk dipelajari siswa menjadi perhatian penting untuk segera dilakukan adanya perbaikan agar siswa dapat memiliki hasrat dan memunculkan keaktifan untuk belajar sejarah secara mandiri. Salah satu usaha untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa tersebut dengan diterapkannya model pembelajaran inovatif. Model pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah desain pembelajaran yang digunakan oleh pengajar dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang menarik agar tujuan pembelajaran tercapai. Berdasarkan pengamatan terdapat permasalahan yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas XI IIS 3 SMA N 2 Batu. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat diupayakan dengan dilakukannya penerapan model reciprocal teaching yang dapat menarik dan mempertahankan interaksi siswa dalam sebuah forum belajar di kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model reciprocal teaching dalam kegiatan pembelajaran guru kelas XI IIS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA N 2 Batu dan (2) Bagaimana peningkatan keaktifan siswa dalam belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching di kelas XI IIS 3 SMA N 2 Batu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti berdasarkan pemasalahan yang ditemukan dalam kegiatan pra penelitian yaitu rendahnya keaktifan siswa dalam belajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas Kurt Lewin yang terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data utama yaitu guru dan siswa kelas XI IIS 3. Pengolahan datanya menggunakan analisis reduksi data penyusunan data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model reciprocal teaching dapat terlaksana dengan baik hal tersebut terbukti dengan terlaksananya poin-poin pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru. Persentase keterlaksanaan pembelajaran guru tersebut meningkat dari 76 08% pada siklus I menjadi 95 65% pada siklus II. (2) terjadi keberhasilan peningkatan keaktifan siswa dalam belajar sejarah setelah dilakukan penerapan model reciprocal teaching. Persentase keberhasilan keaktifan belajar siswa secara keseluruhan adalah 51 51% pada siklus I dengan masing-masing aspek yaitu bertanya sebesar 60 60% menjawab sebesar 51 51% dan mencatat sebesar 51 51%. Setelah dilakukan tindakan kelas siklus II persentase keaktifan siswa dalam belajar sejarah secara keseluruhan meningkat menjadi 99 99% dengan masing-masing aspek yaitu aspek bertanya 75 75% menjawab 84 84% dan mencatat 81 81%. Simpulan dari hasil penelitian adalah penerapan model reciprocal teaching mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disarankan beberapa hal yaitu (1) bagi guru sejarah dapat menggunakan model reciprocal teaching sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan dibantu perangkat pembelajaran seperti bahan bacaan (2) bagi siswa melalui pemahaman dan pengetahuannya terhadap model reciprocal teaching diharapkan siswa dapat lebih berani bertanya menjawab mengemukakan pendapatnya mencatat informasi-informasi penting dalam pembelajaran dan lebih memperhatikan pelajaran pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54920 |
Actions (login required)
View Item |