Retnanti, Wahyu Indah (2016) Pemanfaatan situs Candi Singosari sebagai sumber belajar sejarah Indonesia oleh kelas X SMA Negeri 1 Singosari / Wahyu Indah Retnanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Retnanti Wahyu Indah. 2016. Pemanfaatan Situs Candi SingosarisebagaiSumberBelajarSejarah Indonesia olehKelas X SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Sujud P.J M.Hum. (II) Aditya NugrohoWidiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci situs Candi Singosari sumberbelajar sejarah Indonesia Candi Singosarimerupakanpenunjangsumberbelajarpadamatapelajaransejarah.Melaluiobservasiawalolehpeneliti di Candi Singosari situs iniseringdigunakansebagaisumberbelajarsejarah sertadimanfaatkansebagaiobjekpariwisata.SMAN 1 Singosarimerupakansalahsatusekolah yang telahmemanfaatkan Candi Singosarisebagaisumberbelajarsejarah.IbuMudawamah yangsenantiasaberusahamelaksanakanpembelajaransejarahsecaraefektifdanefisienberupayauntukmemanfaatkansumberbelajar yang lain. UntukituIbuMudawamahseringkalimemanfaatkan situs sejarah yang ada di Singosari khususnyake Candi Singosari.Candi Singosarimerupakan situs yang potensialuntukdigunakansebagaisumberbelajarbagisiswakelas X SMAN 1 Singosari. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1) bagaimanakelayakandari situs Candi Singosarisebagaisumberbelajarsejarah Indonesia olehkelas X SMA Negeri 1 Singosari dan (2) bagaimanapemanfaatan situs Candi Singosarisebagaisumberbelajarsejarah Indonesia olehkelas X SMA Negeri 1 Singosari. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Metodepengumpulan data dalampenelitianinidengancara (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Sumber data dalampenelitianinidiperolehdaricatatanlapanganmelaluiobservasi hasilwawancaradenganinforman dansumber data pendukungberupadokumentasi.Pengolahan data menggunakanpengumpulan data reduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa (1) Candi Singosariyang masihcukuputuhmempunyaipotensisebagaisumberbelajarsejarah.Lokasi Situs Candi Singosaridekatdengan SMAN 1 Singosaridapatmenjadipilihansumberbelajaryaituekonomis adanyapemandu di Candi Singosari praktis sederhana fleksibel relevandenganmaterikelas X SMAN 1 Singosari danmemilikinilaipositifbagi proses pembelajaran yang dilaksanakan di Candi Singosari.Adanyaketerkaitanantaramateri yang dipelajarimengenaikerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia sehingga guru sejarah SMAN 1 Singosari memanfaatkan Candi Singosari sebagai sumber belajar sejarah. (2) Pemanfaatan situs Candi Singosarisebagaisumberbelajarsejarahmempunyaiduametode yang digunakanolehguru sejarah SMAN 1 Singosariyaitumetodekaryawisatadanpenugasan. Padapenggunaanmetodekaryawisata Denganmenggunakankeduametodetersebut siswadituntutlebihaktifbertanyamengenaibenda-bendapeninggalanKerajaanSinghasari yang ada di kompleks Candi Singosarikepadapemanducandi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54919 |
Actions (login required)
View Item |