Penanaman pendidikan karakter melalui "Tripusat Pendidikan": pandanga Ki Hajar Dewantara / Faza Faikar Malisi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman pendidikan karakter melalui "Tripusat Pendidikan": pandanga Ki Hajar Dewantara / Faza Faikar Malisi

Malisi, Faza Faikar (2016) Penanaman pendidikan karakter melalui "Tripusat Pendidikan": pandanga Ki Hajar Dewantara / Faza Faikar Malisi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Malisi Faza Faikar. 2016. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Tripusat Pendidikan Pandangan Ki Hajar Dewantara. Skripsi Program StudiPendidikanSejarah JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ismail Lutfi M.A (II) Najib Jauhari S.Pd M.Hum. Kata Kunci Pendidikan Karakter Tripusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Tujuandaripendidikanadalahuntukmengembangkanpotensi sertamengarahkangenerasimenujumasyarakat yang beradab. Seiring dengan kemajuan zaman bangsa Indonesia terimbas arus globalisasi. Salah satu dampak arus globalisasi yaitu melemahnya karakter generasi bangsa. Disinilahfungsipendidikanuntukmemberikanpendidikan yang berorientasipadanilai-nilaikarakter.Pendidikan yang memberikannilai-nilaikarakterakanmencegahgenerasipenerusmenujujurangkehancuranbangsa. Penelitianinimemilikitigarumusanmasalah yang akandibahasyaitu (1) bagaimanahakikatpendidikandalampandangan Ki HajarDewantara (2) bagaimanahakikatpendidikankarakterdalampandangan Ki Hajar Dewantara (3) bagaimanaperanTripusatPendidikandalampembentukankarakterdalampandangan Ki HajarDewantara. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitian studi kepustakaan.Metodeinimemiliki empat tahapyaitu (1) menyiapkan alat dan perlengkapan yang diperlukan (2) menyiapkan bibliografi kerja (3) mengorganisasikan waktu (4) kegiatan membaca dan mencatat bahan penelitian. Hasil yang diperolehdalampenelitianiniyaitu (1)hakikatpendidikanmenurut Ki HajarDewantaramerupakanusaha yang dilakukanuntukmenumbuhkembangkankemampuanafektif kognitifdanpsikomotorik yang dapatdigunakanuntukmencapaitujuanhidup (2) pendidikan yang baik selain mampu mengasah keterampilan dan kecerdasan intelektual juga mampu mengasah kecerdasan jiwa. Kecerdasan jiwa pada seseorang akan membentuk karakter yang berdasar pada norma dan nilai-nilai luhur. Pendidikan karakter yang didasari dengan norma dan nilai luhur akan menghasilkan generasi yang berbudaya dan beradab (3) terdapat tiga pusat pendidikan dalam proses pendidikan yang disebut Tripusat Pendidikan yaitu alam keluarga alam perguruan (sekolah) dan pergerakan pemuda (masyarakat). Tripusat Pendidikan dapat dijadikan sebagai sarana internalisasi pendidikan karakter. Pelaksanaan pendidikan karakter di ketiga alam tersebut yang berlangsung secara koordinatif dan berkelanjutan akan mencapai hasil yang maksimal dalam pembentukan karakter anak. Proses internalisasipendidikankaraktermelaluikonsepTripusatpendidikandalampandangan Ki HajarDewantaraperludigalilebihlanjut. Diharapkandalampenyusunankurikulumkedepannyatidaksertamertamengambilhal yang barusajatetapijugaharustetapmempertahankankonseppendidikan lama yang masihbaikterutamadalampendidikankarakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54918

Actions (login required)

View Item View Item