Lestari, Dwi Tedy (2016) Penggunaan media film sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X PD-A SMK Negeri 4 Malang tahun 2015/2016 / Dwi Tedy Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Dwi Tedy. 2016. Penggunaan Media Film Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X PD-A SMK Negeri 4 Malang Tahun 2015/2016. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Legawa M.Si (2) Najib Jauhari S.Pd. M.Hum Kata Kunci Media Film Sejarah Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Motivasi dalam kegiatan pembelajaran sangatlah dibutuhkan untuk mendukung suksesnya kegiatan belajar. Namun berdasarkan observasi awal pada 6 April 2016 di kelas X PD-A SMK Negeri 4 Malang bahwa dalam belajar sejarah siswa cenderung kurang tertarik atau kurang termotivasi disebabkan oleh tidak fokusnya siswa terhadap proses belajar tampak saat pembelajaran berlangsung siswa sibuk dengan kegiatannya melamun mengobrol bermain HP. Untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah perlu dibutuhkan suatu media pembelajaran seperti melalui pemutaran film sejarah. Media pembelajaran ini diharapkan untuk dapat menunjang tercapainya motivasi belajar yang tinggi karena media ini bisa langsung dilihat didengar dan dipahami alur ceritanya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media film sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X PD-A SMK Negeri 4 Malang (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X PD-A dalam pembelajaran Sejarah menggunakan media film sejarah . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan media film sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X PD-A SMK Negeri 4 Malang. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas X PD-A dalam pembelajaran Sejarah menggunakan media film sejarah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). dengan menerapkan media film sejarah yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek yang diteliti adalah siswa kelas X PD-A SMK Negeri 4 Malang yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini difokuskan pada pengamatan terhadap motivasi belajar aktivitas dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media film sejarah. Data motivasi siswa diperoleh dari angket. Aktivitas siswa dan peneliti diperoleh dari data observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan media film dokumenter dikelas X PD-A SMK Negeri 4 Malang sangat efektif dalam memberikan kedalaman makna materi dan pengertian kepada siswa berkenaan dengan topik yang menjadi bahan pelajaran. Pembelajaran tersebut berpengaruh pada perubahan motivasi yang tinggi oleh siswa ketika mengikuti pembelajaran terbukti dari rata-rata motivasi siswa mencapai 73 80% pada siklus I. Pada siklus II Aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata 82 09% dalam kategori tinggi. Siswa lebih aktif dalam bertanya menjawab memberikan pendapat berinteraksi dengan kelompok dan bekerjasama kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa dalam pengelolaan pembelajaran di kelas guru harus selalu memberi arahan dan memberikan motivasi kepada seluruh siswa dengan penggunaan media yang menarik dan bagi peneliti berikutnya disarankan untuk mengembangkan media pada subyek penelitian yang berbeda agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54914 |
Actions (login required)
View Item |