Persepsi guru sejarah terhadap buku guru kelas XI kelompok wajib berdasarkan kurikulum 2013 di SMAN Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 / Aditya Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru sejarah terhadap buku guru kelas XI kelompok wajib berdasarkan kurikulum 2013 di SMAN Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 / Aditya Wicaksono

Wicaksono, Aditya (2016) Persepsi guru sejarah terhadap buku guru kelas XI kelompok wajib berdasarkan kurikulum 2013 di SMAN Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 / Aditya Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Aditya. 2016. Persepsi Guru Sejarah Terhadap Buku Guru Kelas XI Kelompok Wajib Berdasarkan Kurikulum 2013di SMAN Tulungagung Tahun Ajaran2015/2016. Skripsi Jurusan Sejarah ProgamStudiPendidikanSejarah FakultasIlmuSosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd (II) Dr. R. Reza Hudiyanto S.S.M.Hum. Kata Kunci Persepsi Guru Sejarah Kurikulum 2013 Buku Guru. Guru berperandalammengimplementasikanKurikulum 2013 sehinggaharusmemahamiberbagaipedoman yang telahditerbitkanolehpemerintah. Pemerintahmenerbitkanbuku guru untukmenunjangpelaksanaanpembelajaransejarah yang mengacupadaKurikulum 2013 agar dapatberjalan optimal.Bukutersebutmemberikanpanduankepada guru dalammenyusunrencanapelaksanaanpembelajaran.Berdasarkanobservasiawal gurumempunyaipersepsi yang berbedaterhadapisibuku guru danpenggunannyadalampelaksanaanpembelajaransejarahkarenamenyesuaikandengankarakterpesertadidik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Persepsi guru sejarah di Tulungagung (SMAN 1 Boyolangu SMAN 1 Gondang dan SMAN 1 Kedungwaru)terhadap keterkaitanisibuku guru denganSilabus Mata PelajaranSejarahKurikulum 2013 (2) Persepsi guru sejarahdiTulungagung(SMAN 1 Boyolangu SMAN 1 Gondang dan1 Kedungwaru) terhadap penggunaan Buku Guru Kurikulum 2013 dalam matapelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Informannya adalah guru sejarah SMA kelas XI KelompokWajib yang sudahmenerapkanBuku Guru Kurikulum 2013. Pengumpulan data dalampenelitianinimelaluitigatahapyaitutahapobservasi tahapwawancara dantahap dokumentasi. Data dianalisisdenganmenggunakan model interaksi Miles dan Huberman dengantahapan (1) pengumpulan data (2) reduksi (3) penyajian data (4) penarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa (1) Persepsi guru sejarahterhadapbuku guru adalahbukutersebutsudahdisusundenganjelasdandapatdipahamioleh guru namunpenilaiandangayabahasa yang digunakanmasihmembingungkan.Materipadabuku guru sudahsesuaidenganSilabus Mata PelajaranSejarahKurikulum 2013 (2) Persepsi guru sejarahterhadappenggunaanbuku guru dalampembelajaranmenyatakanbahwabukutersebutmemberikanpanduandalammenyusunrencanapelaksanaanpembelajaran.Terdapatbeberapaaspek yang belumbisaditerapkandenganbaikoleh guru sejarahyaitu model pembelajaran penerapanjadwal danpenilaian. Saran dalampenelitianiniadalah (1) Bagisekolahdiharapkanmelakukankegiatanworkshopdan seminar mengenaifungsibuku guru dalampelaksanaanpembelajaransejarah. (2) Bagi guru harapannyaterusmeningkatkanpemahamanmengenaipenggunaanbuku guru agar kreatifdaninovatifdalammelaksanakankegiatanpembelajaransejarah. (3) Bagipenelitiselanjutnyafokuspenelitianinimasihsempitsehinggapenelitiselanjutnyadisarankanuntukmemperluaspopulasipenelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54912

Actions (login required)

View Item View Item