Potensi Candi Jago sebagai sarana wisata edukasi / Dwijayati Ari Novia Santi - Repositori Universitas Negeri Malang

Potensi Candi Jago sebagai sarana wisata edukasi / Dwijayati Ari Novia Santi

Santi, Dwijayati Ari Novia (2016) Potensi Candi Jago sebagai sarana wisata edukasi / Dwijayati Ari Novia Santi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santi Dwijayati Ari Novia. 2016. Potensi Candi Jago sebagai Sarana Wisata Edukasi. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd Kata kunci potensi Candi Jago wisata edukasi. Kebutuhan rohani manusia seperti kebutuhan rekreasi sekarang ini menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Banyaknya tempat wisata sejarah di Indonesia memberikan dampak positif bagi kemajuan pariwisata di Indonesia. Wisata sejarah yang dilakukan masyarakat Indonesia adalah dengan mengunjungi tempat-tempat peninggalan bersejarah dan tempat yang memiliki nilai budaya tinggi. Seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Malang banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mempengaruhi peningkatan kunjungan wisatawan ke Candi Jago. Namun dari kunjungan wisatawan ke Candi Jago ini belum memaksimalkan potensi edukasi di Candi Jago padahal Candi Jago memiliki potensi untuk dilakukannya pembelajaran sejarah sehingga dapat menjadikan Candi Jago sebagai wisata edukasi. Rumusan masalahpada penelitian ini adalah (1) bagaimana kondisi kepurbakalaanCandi Jago dan (2) bagaimana potensi Candi Jago sebagai wisata edukasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data utama yang diperoleh dari hasil observasi hasil wawancara dengan informan dan sumber data pendukung berupa dokumentasi. Pengolahan datanya menggunakan analisis reduksi data sajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Candi Jago masih memiliki bangunan yang lengkap di antaranya kaki candi tubuh candi dan atap candi yang sudah tidak utuh. Candi Jago memiliki arca utama yaitu Arca Wisnuwardhana yang dikelilingi 4 arca pengiring yaitu Syamatara Sudhanakumara Hayagriva dan Bhrekuti yang sekarang berada di Museum Nasional Jakarta. Selain itu juga terdapat 3 arca muka kala dan arca padmasana yang terletak di depan kaki candi. Relief di Candi Jago cukup jelas dan cukup panjang karena terdiri dari cerita-cerita yang menarik. Lokasi Candi Jago berada di dekat pemukiman yang padat penduduk dan dikelilingi lembaga-lembaga sekolah sehingga membuat Candi Jago sudah sepatutnya digunakan sebagai tempat pembelajaran sejarah. Kalangan pelajar dan mahasiswa paling banyak berkunjung ke Candi Jago. Potensi wisata edukasi di Candi Jago dilihat dari bidang pendidikan dan bidang kesenian. Bidang pendidikan seperti pembelajaran sejarah dapat dikemas dalam bentuk diskusi studi wisata observasi dan penelitian. Dengan pembelajaran di luar kelas siswa dapat lebih aktif dalam menerima pelajaran. Pembelajaran di luar kelas dengan berkunjung ke Candi Jago juga disesuaikan dengan materi pembelajaran yang berkaitan dengan Candi Jago. Sedangkan potensi wisata edukasi dalam bidang kesenian adalah pertunjukan sendratari yang bercerita tentang sejarah Candi Jago ataupun relief-relief yang ada di Candi Jago. Sehingga wisatawan yang melihat pertunjukan sendratari di Candi Jago tidak hanya menikmati pertunjukan namun juga dapat memahami pesan moral dari sendratari tersebut. Potensi selanjutnya dalam bidang kesenian adalah folklor yang beredar di masyarakat. Dengan adanya petuah untuk tidak masuk ke dalam lubang yang berada di tengah bilik utama Candi Jago secara tidak langsung masyarakat yang percaya turut menjaga kelestarian Candi Jago sebagai cagar budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54911

Actions (login required)

View Item View Item