Perkembangan sistem pembelajaran pondok pesantren Yaisra tahun 1991-2016 di Mojokerto / Anitaqul Karimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan sistem pembelajaran pondok pesantren Yaisra tahun 1991-2016 di Mojokerto / Anitaqul Karimah

Karimah, Anitaqul (2016) Perkembangan sistem pembelajaran pondok pesantren Yaisra tahun 1991-2016 di Mojokerto / Anitaqul Karimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karimah Anitaqul. 2016. Perkembangan Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren YAISRA Tahun 1991-2016 di Mojokerto. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph D. (2) Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata Kunci Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren YAISRA. Pondok pesantren Yayasan Islam Teratai atau YAISRA berada di desa Sooko Mojokerto didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. PP YAISRA didirikan oleh Kiai Hj Faisal Ismet. Model pembelajaran yang diterapkan oleh pondok pesantren ini menggunakan sistem salafi (tradisional) kental dengan pengajian yang terbatas pada kitab kuning dan berlakunya sistem klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sejarah berdirinya PP YAISRA (2) mendeskripsikanperkembangan PP YAISRA tahun 1991-2016 (3) mendeskripsikanperkembangan sistem pembelajaran di PP YAISRA tahun 1991-2016 (4) mendeskripsikan hasil belajar santri PP YAISRA. Penelitian ini menggunakan metodehistoris. Di dalam metode ini terdapat beberapa tahap (1)pemilihan topik. (2) heuristik atau tahap pengumpulan data. Dalam tahap ini peneliti mengumpulkan sumber primer dan sekunder. Sumber primer peneliti dapatkan dari wawancara artefak dan dokumen. Sumber sekunder peneliti dapatkan dari buku-buku penunjang penelitian. (3) verifikasi atau kritik sumber. Dalam tahap ini peneliti mengkritisi sumber-sumber yang diperoleh dengan melakukan kritik intern dan ekstern. (4) interpretasi di dalam tahap ini peneliti memberikan pemafsiran atas data yang disusun menjadi fakta.(5) Historiografi di dalam tahap ini peneliti melakukan pelaporan terhadap fakta-fakta sejarah sehingga menjadi kisah yang kronologis. Hasil penelitian diperoleh bahwa PP YAISRA dirikan tahun 1990 dan memulai kegiatannya pada tahun 1991. Lembaga yang berkembang di bawah PP YAISRA antara lain panti asuhan anak yatim markas jamaah sholawat Ibrohimiyah TPQ dan taklimul quran TK dan Playgroup YAISRA koperasi lembaga Psikologi YAISRA Lembaga pendidikan dan Latihan Kerja (LPLK) majlis taklim Ibrohimiyah madrasah diniyah YAISRA Az Zahra SM GAKK. Sekertariat FKWM Markas MAJANEWS.COM dan CV yang bergerak dalam banyak bidang. PP YAISRA menggunakan metode pembelajaran tradisinonal yaitu sorogan wetonan atau bandongan dan hafalan. Alat pembelajarannya adalah kitab-kitab kuning atau klasik. Kitab-kitab itu antara lain kitab jawahirul kalamiyah wasiatul musthofa akhlaqul bannan/bannin fiqh shaqiq bukhari muslim dan kitab tafsir. Pembelajaran yang dilaksanakan di PP YAISRA bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berakhlaqul karimah. Saran untuk PP YAISRA adalah memberikan perhatian lebih pada seluruh santri sehingga hasil pembelajaran dapat menyeluruh. Merencanakan pembangunan fasilitas yang lebih matang dengan mengoptimalkan pembangunan lahan yang memang terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54910

Actions (login required)

View Item View Item