Kurniasih (2016) Pengembangan media pembelajaran peta digital sejarah interaktif berbasis adobe flash CS 3 professional dalam pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XI Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan / Kurniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniasih. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Peta Digital Sejarah Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 3 Professional dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. (2) Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci media pembelajaran peta digital interaktif Sejarah Indonesia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong upaya pembaharuan dalam memanfaatkan hasil teknologi untuk proses pembelajaran. Teknologi yang berkembang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah. Penyampaian materi sejarah Indonesia dilakukan dengan metode ceramah bervariasi oleh guru namun siswa lebih antusias dalam pembelajaran ketika ditampilkan media yang bervariasi. Media pembelajaran peta digital sejarah interaktif berbasis Adobe Flash CS 3 Professional merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk menarik perhatian siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran peta digital sejarah interaktif yang memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran sejarah Indonesia untuk siswa kelas XI SMA/SMK. Media pembelajaran yang dikembangkan ini menggunakan model yang dikemukakan oleh Sadiman yang diantaranya (1) penyusunan rancangan (2) penulisan naskah (3) produksi media dan (4) evaluasi program media. Uji coba dilakukan pada tiga subyek yaitu ahli materi ahli media dan siswa. Uji coba untuk siswa terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Data yang diperoleh dari uji coba tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data angket untuk mengukur validitas media dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor penilaian ahli materi yaitu sebesar 90%. Hasil validasi ahli materi tersebut menunjukkan bahwa materi yang disajikan dalam media yang dikembangkan ini termasuk dalam kriteria valid dan layak digunakan. Skor penilaian ahli media yaitu sebesar 75%. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan ini termasuk dalam kriteria cukup valid dan layak digunakan dengan adanya perbaikan. Skor penilaian uji coba kelompok kecil yaitu 86 14% sedangkan skor penilaian uji coba kelompok besar yaitu 83 45%. Hasil penilaian tanggapan siswa menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid dan layak digunakan. Peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran memberikan penguatan positif terhadap pemahaman siswa. Berdasarkan hasil pre test dan post test terdapat perubahan nilai rata-rata dari rata-rata 48 30 menjadi rata-rata 94 71. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu agar mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif serta memberikan kontribusi pada pembelajaran Sejarah. Selain itu terbuka peluang untuk melakukan uji coba pemakaian yang mewakili seluruh karakteristik siswa dan untuk pembelajaran yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54909 |
Actions (login required)
View Item |