Sari, Mega Rafita (2016) Penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis autoplay untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 4 Malang / Mega Rafita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Mega Rafita. 2016. Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia InteraktifBerbasisAutoplayUntukMeningkatkanMinatBelajarSiswaPada Mata PelajaranSejarah Di SMKNegeri 4 Malang. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1)Drs. I WayanLegawa M.Si (2) Drs. DewaAgungGedeAgung M.Hum. Kata Kunci PembelajaranSejarah Media pembelajaran Multimedia InteraktifberbasisAutoplay MinatBelajarSiswa SMK Negeri 4 Malang Pembelajaransejarahmerupakansalahsatupelajaran yang dianggapmembosankanbagisiswa. Berdasarkanobservasi yang dilakukan di kelas X RPL-B SMK Negeri 4 Malang padasaatpelajaransejarahadabeberapasiswa yang masihbelumsiapmengikutipelajaran bahkanadasiswa yang mengantuk melamun berbicaradenganteman bermain-main. Penelitimenyimpulkandarihasilobservasiawalbahwaminatbelajarsiswadi kelasinitermasukrendahsehinggadibutuhkan media pembelajaran yang berupa multimedia interaktifberbasisautoplaykarenapenggunaanyamudahdioperasikandenganbaikolehsiapapunsehinggabisadijadikanalternatifpemilihan media pembelajaranoleh guru maupunsiswa. Penelitimenemukanduarumusanmasalah di dalampenelitian yang dilakukannya. Rumusanmasalahyangpertamatentangpenggunaan media pembelajaran multimedia interaktifberbasisautoplayuntuksiswapadamatapelajaransejarah di SMK Negeri 4 Malang danrumusanmasalah yang keduatentangpenggunaan media pembelajaran multimedia interaktifberbasisautoplaydapatmeningkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajaransejarah di SMK Negeri 4 Malang.Tujuandaripenelitiantindakankelasiniyaitumendeskrispikandanmenganalisispenggunaan media pembelajaran multimedia interaktifberbasisautoplayuntukmeningkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajaransejarah di SMK Negeri 4 Malang. PenelitimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas (PTK) denganrincianprosedurpenelitianyaituperencanaan pelaksanaan observasi danrefleksi. Penelitianiniterdiridariduasiklus. Siklus I dilaksanakandua kalipertemuan yang membahastentangPenjajahanPemerintahHindiaBelanda dansiklus II dilaksanakansatukali pertemuan yang membahastentangPerangMelawanPenjajahanKolonialisme. Berdasarkanpenelitiantindakankelasinidiketahuibahwapenggunaan multimedia interaktifberbasisautoplayberhasilmenciptakansuasanapembelajaran yang menyenangkanbagisiswakelas X RPL-B sehinggasiswacepatmemahamisejarahmelaluiceritasejarahdan di dalampelaksanaannyasiswamenjadilebihbersemangat perhatian danaktifdalambelajarsejarah. Dan presentasetingkatminatsiswaberdasarkanhasillembarobservasiminatsiswayaitupadasiklus I sebesar 61.68% dansiklus II sebesar 82.38%yang meningkat sebesar 10.70% dengan rincian aspek kesukaan 19.77% ketertarikan 23.67% perhatian 15.19% dan keterlibatan 23.86%. Dan rata-rata keseluruhantingkatminatbelajarsiswaberdasarkanhasilskorangket yang diberikankepadasiswayaitupadasiklus I dengan rata-rata sebesar 1.68 yang dikategorikan B dengankriteriaberminatdansiklus II dengan rata-rata sebesar 2.54 yang dikategorikan A dengankriteriasanganberminat. Melaluiduasiklustersebut makadapatdisimpulkanbahwapenggunaan media pembelajaran multimedia interaktifberbasisautoplayuntukmeningkatkanminatbelajarsiswakelas X Rpl-B di SMK Negeri 4 Malangmengalamipeningkatanmelaluiaspekpenilaianlembarobservasiminatbelajarsiswadanangketsiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |