Penerapan permainan tebak kata untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X MM 3 SMKN 12 Malang / Erlinda Fajar Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan tebak kata untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X MM 3 SMKN 12 Malang / Erlinda Fajar Diana

Diana, Erlinda Fajar (2016) Penerapan permainan tebak kata untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X MM 3 SMKN 12 Malang / Erlinda Fajar Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diana Erlinda Fajar. 2016. Penerapan Permainan Tebak Kata untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X MM 3 SMKN 12 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri M. Hum (II) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M. Hum. Kata Kunci permainan tebak kata motivasi belajar Pembelajaran sejarah di kelas X MM 3 SMKN 12 Malang menunjukkan rendahnya motivasi belajar. Berdasarkan hasil observasi kegiatan di kelas guru merasa kesulitan dalam mengarahkan siswa untuk berpartisipasi aktif dan siswa kurang tertarik dalam pembelajaran sejarah. Sebagian besar siswa sering melamun saat proses pembelajaran sehingga tidak memperhatikan penjelasan guru. Upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dengan memilih strategi pembelajaran yang baik salah satunya permainan tebak kata. Karena permainan tersebut dapat melatih siswa agar bekerja sama antarsiswa dalam bertindak serta melatih kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MM 3 SMKN 12 Malang dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan permainan tebak kata. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan di kelas sebagai proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Motivasi belajar siswa ditinjau dari empat aspek yaitu minat perhatian konsentrasi dan ketekunan. Keempat aspek tersebut diamati melalui lembar observasi pengamatan oleh observer selama tindakan. Pada akhir tindakan kelas siklus kedua diberikan angket motivasi kepada siswa untuk memastikan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya permainan tebak kata siswa dapat turut aktif dalam bekerja sama antarsiswa dan bertanggungjawab. Siswa juga akan mempunyai kekayaan bahasa atau kata-kata. Hal tersebut memudahkan siswa dalam menanamkan konsep pembelajaran dalam ingatan siswa. Sehingga dalam pelaksanaan permainan tebak kata ini diharapkan guna untuk memberikan dorongan siswa agar berminat dalam pembelajaran sejarah dan meningkatnya motivasi belajar. Permainan tebak kata pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan materi mengenai sejarah yang terdiri dari 20 soal pada setiap siklus dan diberikan oleh peneliti kepada 34 siswa. Permainan tebak kata pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 7 siswa yang aktif dan 20 siswa yang tidak aktif. Pada siklus II terdapat 19 siswa yang terlibat aktif dan 10 siswa yang tidak aktif. Berdasarkan hasil penelitian melalui permainan tebak kata ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari persentase 44% sebelum pemberian tindakan meningkat menjadi 67% pada siklus I dan meningkat lagi hingga 82% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan tebak kata dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54907

Actions (login required)

View Item View Item